Resep 14. Sayur Asem Merah yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep 14. Sayur Asem Merah yang Bisa Manjain Lidah

14. Sayur Asem Merah. Sayur asem bumbu cemplung. foto: Instagram/@indream_oi. Rasa khas sayur asem adalah perpaduan antara manis, asam, gurih, dan pedas. Agar bisa tercipta rasa sedemikian lezat dan nikmat, cukupkan bumbu kuncinya.

Resep 14. Sayur Asem Merah yang Bisa Manjain Lidah Masyarakat kita pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur asem. Menu ini seakan-akan tak pernah luput dari hidangan menu makan siang kita sehari-hari. Sebenarnya ada banyak olahan sayur yang populer di Indonesia.

Sedang mencari ide resep 14. sayur asem merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 14. sayur asem merah yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 14. sayur asem merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan 14. sayur asem merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Sayur asem bumbu cemplung. foto: Instagram/@indream_oi. Rasa khas sayur asem adalah perpaduan antara manis, asam, gurih, dan pedas. Agar bisa tercipta rasa sedemikian lezat dan nikmat, cukupkan bumbu kuncinya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat 14. sayur asem merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat 14. Sayur Asem Merah memakai 13 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan 14. Sayur Asem Merah:

  1. Siapkan 1/2 pcs labu siam besar.
  2. Siapkan 5-7 pcs kacang panjang.
  3. Gunakan Segenggam daun mlinjo.
  4. Gunakan 2 jari asam jawa segar.
  5. Siapkan 1 pcs jagung manis (potong jadi 4).
  6. Sediakan 2 lb daun salam.
  7. Siapkan Seruas lengkuas (memarkan).
  8. Siapkan Secukupnya garam, gula.
  9. Ambil Bahan Halus.
  10. Siapkan 3-5 pcs cabe keriting.
  11. Gunakan 1 butir kemiri.
  12. Ambil 2 siung bawang putih.
  13. Sediakan 5 siung bawang merah.
BARU  Resep Risol sayur cabe setan, Bisa Manjain Lidah

Sebut saja sayur bening dan sayur lodeh. Tahukah kamu apa yang unik dari sayur asem ini? Seperti namanya, sayur ini bercita rasa asam gurih nan segar. Bahan-bahan yang digunakan bisa dimodifikasi sesuai selera.

Langkah-langkah membuat 14. Sayur Asem Merah:

  1. Didihkan air, masukkan labu siam + kacang panjang + jagung manis.
  2. Jika sudah setengah matang, masukkan daun salam + asam + lengkuas + bumbu halus + daun mlinjo + garam gula.
  3. Cek rasa. Jika sudah matang sempurna, matikan api. Finish~.

Bisa juga menggunakan kaldu ayam, kangkung, kembang kol, atau wortel. Bumbu sayur asem yang utama tentu saja asam jawa, bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi hingga kemiri. Sedangkan untuk isian sayur asem terbilang amat sangat beragam seperti buah melinjo, daun melinjo muda, terong, kacang panjang, labu siam dan masih banyak sayuran lainnya. Cara memasak: Brenebon or sayur kacang merah – red kidney bean soup, served in broth made from boiled pig's trotters, beef or chicken.; Sayur asem – uses tamarind as a main ingredient, along with vegetables, chayote, bilimbi and melinjo; Sayur bayam or sayur bening – spinach and corn in clear soup flavoured with temu kunci.; Sayur lodeh – vegetables in coconut milk soup. Akhir pekan saatnya masak menu spesial untuk keluarga.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat 14. sayur asem merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!