Resep Ayam Ungkep Lengkuas, Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Ayam Ungkep Lengkuas, Menggugah Selera

Ayam Ungkep Lengkuas. Lihat juga resep Ayam goreng lengkuas tanpa ungkep enak lainnya. Gak digoreng jadi hanya Ayam Ungkep Lengkuas gitu ha ha. Malah baru tahu saya gak digorengpun ternyata enak.

Resep Ayam Ungkep Lengkuas, Menggugah Selera Masak sampai ayam empuk & bumbu meresap, air mengering dan sesekali di aduk Goreng semua ayam dengan minyak panas dgn api sedang. Goreng sisa bumbu ungkepan sampai kering dan kecoklatan. Resep Ayam Goreng Lengkuas – Ayam goreng lengkuas merupakan salah satu kuliner khas Indonesia dengan citarasa masakan Sunda yang super enak dan lezat.

Lagi mencari inspirasi resep ayam ungkep lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam ungkep lengkuas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam ungkep lengkuas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam ungkep lengkuas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Ayam goreng lengkuas tanpa ungkep enak lainnya. Gak digoreng jadi hanya Ayam Ungkep Lengkuas gitu ha ha. Malah baru tahu saya gak digorengpun ternyata enak.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam ungkep lengkuas yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Ungkep Lengkuas memakai 18 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam Ungkep Lengkuas:

  1. Siapkan 2 ekor ayam pejantan.
  2. Siapkan 2 buah jeruk nipis.
  3. Gunakan Bumbu halus.
  4. Ambil 10 siung bawang merah.
  5. Sediakan 5 siung bawang putih.
  6. Sediakan 5 buah kemiri sangrai.
  7. Sediakan 1,5 sdt ketumbar halus.
  8. Ambil 2 ruas kunyit.
  9. Siapkan Bumbu parut.
  10. Ambil 2 lengkuas muda (saya pakai satu).
  11. Gunakan 1 ruas jahe.
  12. Ambil Bumbu lainnya.
  13. Gunakan 3 batang sereh (geprek).
  14. Sediakan 3 helai daun salam.
  15. Gunakan secukupnya garam.
  16. Ambil secukupnya kaldu ayam bubuk.
  17. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  18. Gunakan secukupnya air.
BARU  Bagaimana Membuat Macaroni schotel panggang yang Enak Banget

Jika dilihat, sekilas olahan ayam goreng yang satu ini mirip sekali dengan ayam goreng serundeng kelapa dan juga ayam goreng kremes yang terbuat dari tepung berbumbu. Ayam goreng lengkuas dan sambel cabe ijo sudah jadi dan siap disajikan. Demikian tadi resep ayam goreng lengkuas dan sambel cabe ijo yang pasti akan membuatmu ketagihan. Sensasi panas dan pedas yang nikmat dari sambal, nasi, dan ayam goreng dijamin bikin pengen nambah.

Cara menyiapkan Ayam Ungkep Lengkuas:

  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan jeruk nipis dan 1/2 sdm garam, diamkan 10 menit.
  2. Haluskan bumbu halus.
  3. Parut lengkuas dan jahe.
  4. Tumis sereh dan salam terlebih dahulu, lalu masukkan daun jeruk dan bumbu halus.
  5. Masukkan ayam, aduk-aduk lalu tambahkan air hingga ayam terendam (saya pakai 3 gelas air), gunakan api kecil agar bumbu meresap.
  6. Beri garam dan kaldu bubuk (saya pakai 1,5 sdm garam), lalu setelah mendidih, tes rasa.
  7. Ayam siap digoreng :).

Ayam goreng memang menjadi salah satu menu hidangan favorit, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tidak heran, daging ayam yang kenyal dan nikmat itu memang paling enak disajikan saat masih panas-panas, apalagi kalau ada bumbu kremesannya yang menambah cita rasa. Selain dibuat dari tepung, anda juga bisa membuat kremesan ini dari bumbu lengkuas. Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya.. Mulai dari bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, daun salam, dan sereh.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Ungkep Lengkuas yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!