Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas) yang Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas) yang Sempurna

Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas). Cara Masak Ayam Goreng Bumbu Lengkuas : Pertama-tama lumuri potongan ayam dengan bumbu halus, diamkan sebentar. Saat menggoreng bumbu ungkep yang terbuat dari parutan lengkuas sebaiknya gunakan saringan. Cara membuat resep ayam goreng ungkep: Lumuri ayam dengan garam dan perasan jeruk nipis.

Cara Gampang Membuat Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas) yang Sempurna Misalnya ayam ungkep dengan bumbu kuning. Padahal, sebenarnya banyak masakan praktis yang bisa jadi stok lauk di rumah. Misalnya ayam ungkep dengan bumbu kuning.

Sedang mencari ide resep ayam goreng ungkep (bumbu lengkuas) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng ungkep (bumbu lengkuas) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Cara Masak Ayam Goreng Bumbu Lengkuas : Pertama-tama lumuri potongan ayam dengan bumbu halus, diamkan sebentar. Saat menggoreng bumbu ungkep yang terbuat dari parutan lengkuas sebaiknya gunakan saringan. Cara membuat resep ayam goreng ungkep: Lumuri ayam dengan garam dan perasan jeruk nipis.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng ungkep (bumbu lengkuas), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng ungkep (bumbu lengkuas) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam goreng ungkep (bumbu lengkuas) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas) memakai 16 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas):

  1. Sediakan Ayam 1/2 kg (sy bagian sayap).
  2. Sediakan 6 Lembar daun jeruk.
  3. Gunakan 6 Lembar daun salam.
  4. Siapkan 2 batang serai (geprek).
  5. Ambil 3 sdt garam (sesuai selera).
  6. Sediakan sesuai selera Gula dan kaldu.
  7. Ambil secukupnya Air.
  8. Siapkan Bumbu Halus.
  9. Siapkan 10 buah bawang merah.
  10. Gunakan 8 siung bawang putih.
  11. Siapkan 4 butir kemiri.
  12. Gunakan Sejempol kunyit.
  13. Siapkan 2 cm jahe.
  14. Siapkan 2 sdt ketumbar butir.
  15. Ambil Lengkuas (sesuai selera).
  16. Sediakan Air (untuk campuran bahan diblender).
BARU  Bagaimana Menyiapkan Ayam Popcorn Bawang Goreng ala Chef Desi Trisnawati Anti Gagal

Cara membuat: Marinasi ayam: lumuri ayam dengan bumbu halus, lalu remas-remas agar meresap. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan kecokelatan. Resep Ayam Goreng Lengkuas, Ayam Goreng Kalasan, Ayam Goreng Bumbu Kuning sebetulnya sama… Laos atau lengkuas menjadi bumbu ayam goreng ini. Aromanya wangi dan rasanya gurih meresap.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Ungkep (Bumbu Lengkuas):

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus. (Bisa diblender atau diuleg). Apabila diblender, bahan lebih baik dipotong kecil dulu. Untuk lengkuas bisa ikut diblender atau di parut saja..
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Tambahkan serai, daun jeruk dan daun salam. Tumis hingga wangi dan bumbu matang..
  3. Masukkan ayam ke tumisan bumbu lalu aduk rata..
  4. Tambahkan air hingga semua ayam tertutup air. Tambahkan garam, gula dan kaldu. Aduk hingga bumbu tercampur rata. Lalu tutup dan masak dengan api sedang. Sesekali diaduk supaya ayam tidak lengket..
  5. Setelah air sudah menyusut (nyemek) dan ayam matang, matikan api lalu angkat dan tiriskan ayam..
  6. Apabila masih ada sisa air, saring airnya, ambil sisa bumbu rebusan ayam, tiriskan..
  7. Setelah ayam dingin, goreng ayam dan sisa bumbu (serat lengkuas). Goreng hingga ayam dan bumbu lengkuas berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan..

Untung Satu Bumbu Ini Tidak Lupa. Inilah resep bumbu ayam ungkep versiku kalau ada teman. Ayam ungkep kuning bisa digoreng dalam minyak banyak hingga kering atau dipanggang dengan olesan kecap manis di permukaannya. Oh iya mau tanya mbak kalau mau bikin ayam goreng lengkuas, apakah bumbu ungkepnya sama. Ayam goreng ungkep gaya tradisional ini diolah dengan dua teknik.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam goreng ungkep (bumbu lengkuas) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!