Cara Gampang Menyiapkan Ayam Ungkep Bumbu Empal Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Ayam Ungkep Bumbu Empal Anti Gagal

Ayam Ungkep Bumbu Empal. Semuanya berbahan bumbu tradisional namun dengan cara pengolahan yang variatif. Cara mengolah ayam jadi menu makanan lezat ini sangatlah mudah dan praktis. Tak perlu waktu lama dan bisa diracik pakai bumbu tradisional.

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Ungkep Bumbu Empal Anti Gagal Ayam ungkep biasa dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah. Biasanya, rempah yang paling sering dipakai adalah lengkuas. Perpaduan parutan kelapa dan bumbu terasa makin lezat jika digoreng kering.

Lagi mencari inspirasi resep ayam ungkep bumbu empal yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam ungkep bumbu empal yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Semuanya berbahan bumbu tradisional namun dengan cara pengolahan yang variatif. Cara mengolah ayam jadi menu makanan lezat ini sangatlah mudah dan praktis. Tak perlu waktu lama dan bisa diracik pakai bumbu tradisional.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam ungkep bumbu empal, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam ungkep bumbu empal enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam ungkep bumbu empal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Ungkep Bumbu Empal menggunakan 12 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Ungkep Bumbu Empal:

  1. Sediakan 1 kg Ayam buang kulitnya.
  2. Siapkan 3 ruas Lengkuas digeprek.
  3. Ambil 4 lembar Daun Salam.
  4. Sediakan 6 lembar Daun Jeruk.
  5. Ambil 1/2 butir Kelapa Parut peras santannya.
  6. Siapkan 1 sdm Asam Jawa.
  7. Siapkan 50 gr Gula Merah.
  8. Siapkan Bumbu Halus.
  9. Sediakan 8 siung Bawang Putih.
  10. Gunakan 10 siung Bawang Merah.
  11. Ambil 1 1/2 sdm Ketumbar.
  12. Siapkan 8 butir Kemiri.
BARU  Resep Ayam Ungkep Rempah2 Anti Gagal

BACA JUGA: Resep Empal Suwir Bumbu Rempah, Enak Disantap. Misalnya ayam ungkep dengan bumbu kuning. Padahal, sebenarnya banyak masakan praktis yang bisa jadi stok lauk di rumah. Misalnya ayam ungkep dengan bumbu kuning.

Langkah-langkah membuat Ayam Ungkep Bumbu Empal:

  1. Sangrai di atas wajan ketumbar dan kemiri sampai harum, lalu masukan ke blender bersama semua bahan bumbu halus.
  2. Siapkan ayam yang telah bersih dari kulitnya, saya tidak pakai kulit biar rendah kolesterol. Masukan ke dalam panci bersama geprekan lengkuas, daun salam,daun jeruk dan air asam jawa. Tambahkan air sesuai selera, kalau saya tidak terlalu banyak kira-kira hampir menutupi permukaan daging ayam.
  3. Di wajan terpisah, tumis bumbu harum dengan minyak goreng sampai wangi dan matang, lalu campurkan ke dalam panci berisi ayam.
  4. Ungkep ayam dengan api sedang, saat air setengah menyusut masukan santan ke dalam rebusan ayam, tambahkan garam dan merica sesuai selera, ungkep sampai santan dan air menyusut hampir kering, jangan lupa diaduk2 biar gak gosong bagian bawah pancinya.
  5. Sudah jadi ?????? makin mantap dinikmati dengan sambal terasi, bisa juga di goreng lagi biar rasanya mirip dengan empal daging.

Masukan bumbu ungkep tersebut, kemudian ungkeb ayam hingga bumbunya meresap. Aduk-aduk hingga lengket dan bumbu meresap. Tertarik dengan resep ungkep praktis lainnya? Silahkan cek link di bawah ini: Ungkep Daging Sapi a la My Mom Empal Gepuk Daging Sapi Membuat Ayam Bacem Super Mantap. Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning (stok tinggal goreng) favorit.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Ungkep Bumbu Empal yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!