Resep Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas Anti Gagal

Diposting pada
Resep Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas Anti Gagal

Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas. Tumis bumbu halus bersama dg lengkuas parut, daun salam, sereh sampai harum. Masak sampai ayam empuk & bumbu meresap, air mengering dan sesekali di aduk Goreng semua ayam dengan minyak panas dgn api sedang. Goreng sisa bumbu ungkepan sampai kering dan kecoklatan.

Resep Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas Anti Gagal Lihat juga resep Ayam goreng lengkuas enak lainnya. Ayam yang sudah diungkep bumbu rasanya makin enak saat digoreng. Ayam goreng ungkep tradisional ini bikin makan makin enak dan nagih.

Lagi mencari inspirasi resep ayam ungkep bumbu lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam ungkep bumbu lengkuas yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam ungkep bumbu lengkuas, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam ungkep bumbu lengkuas enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Tumis bumbu halus bersama dg lengkuas parut, daun salam, sereh sampai harum. Masak sampai ayam empuk & bumbu meresap, air mengering dan sesekali di aduk Goreng semua ayam dengan minyak panas dgn api sedang. Goreng sisa bumbu ungkepan sampai kering dan kecoklatan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam ungkep bumbu lengkuas yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas menggunakan 17 bahan dan 14 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas:

  1. Ambil 1 kg Ayam.
  2. Gunakan Bumbu Halus.
  3. Siapkan 7 siung bawang putih.
  4. Ambil 5 siung bawang merah.
  5. Ambil 50 gr kemiri.
  6. Sediakan 1 ruas kunyit.
  7. Siapkan 1 ruas jahe.
  8. Sediakan Bumbu Pelengkap.
  9. Sediakan 1/4 kg lengkuas muda.
  10. Gunakan 2 batang serai.
  11. Siapkan 3 lbr daun jeruk.
  12. Ambil 2 lbr daun salam.
  13. Ambil 1 ltr air panas.
  14. Gunakan Garam.
  15. Sediakan Micin.
  16. Ambil Masako Ayam.
  17. Gunakan secukupnya Minyak Goreng.

Selanjutnya goreng sisa bumbu ungkep ayam sampai kering. Terakhir tata ayam dipiring saji, taburi dengan bumbu kremesan kering dari laos. Tips Menggoreng Bumbu Lengkuas : Saat menggoreng bumbu ungkep yang terbuat dari parutan lengkuas sebaiknya gunakan saringan besi. kak itu lengkuasnyaa di goreng sendiri diatas api yg pnas llu goreng kecokltan gt ya.apa dimasukkn lengkuas bersaaman pas sama ayam yg udah dikasi bumbu sampai air nya abiss Hallo Yori. Silahkan ikuti step-step dalam cara pembuatan.

BARU  Resep Perkedel Jagung Manis yang Enak Banget

Cara membuat Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas:

  1. Blender semua bahan bumbu halus dengan minyak.
  2. Memarkan serai. Sisihkan..
  3. Parut lengkuas muda yang sudah dikupas. Sisihkan..
  4. Tumis bumbu halus dan lengkuas parut, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu halus dan minyak terpisah..
  5. Masukkan ayam yang sudah dipotong sesuai selera. Tumis dengan bumbu hingga bagian luar ayam berubah warna..
  6. Masukkan 1ltr air panas.
  7. Tambahkan garam, micin, masako ayam sesuai selera. Hati-hati jangan terlalu asin diawal karena proses ungkep masih lama, semakin lama diproses semakin asin..
  8. Tutup penggorengan, ungkep dengan api kecil. Sesekali aduk agar seluruh bagian matang dan bumbu meresap dengan rata..
  9. Jika air sudah mulai menyusut, buka tutup penggorengan, masak hingga air surut dg sesekali mengaduk bagian bawahnya agar tidak gosong..
  10. Jika sudah surut dan lengkuas menempel dipermukaan ayam, tiriskan dan diamkan hingga dingin..
  11. Tata dalam wadah kedap udara, biarkan dingin. Ayam siap disimpan sebagai stok di freezer..
  12. Bila langsung digoreng, goreng dalam minyak panas lalu kecilkan api hingga sedang. Jika punya saringan serundeng akan lebih mudah mengambil parutan lengkuas lebih dulu agar ayam bisa lebih garing..
  13. Tips 1: karena proses masak cukup lama dan hasilnya awet disimpan, sebaiknya sekali masak langsung dalam jumlah banyak. Simpan ke dalam beberapa wadah agar ketika dibutuhkan tidak semua dikeluarkan/dicairkan. Keluarkan dan goreng seperlunya dan habiskan kotak per kotak..
  14. Tips 2: lebih mudah untuk mengelompokkan ayam sesuai bagian potongannya. Dada, paha, sayap, jerohan dst. Jadi lebih praktis semisal ada anggota keluarga yang request bagian tertentu tidak perlu susah ambil/cari dalam keadaan beku..

Ayam bakar bumbu rujak kuning. foto: Instagram/@echu.masakmemasak. Teknik ungkep ini adalah teknik memasak dengan api kecil hingga sedang supaya bumbu-bumbu meresap dengan sempurna. Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya. Lihat juga resep Ungkep Ayam anti bau amis enak lainnya. Ayam goreng memang menjadi salah satu menu hidangan favorit, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam ungkep bumbu lengkuas yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!