Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kombinasi Istimewa, Enak

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kombinasi Istimewa, Enak

Opor Ayam Kombinasi Istimewa. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada. Menu Masakan Tahu Tempe ini Bikin Lebaranmu Istimewa.

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kombinasi Istimewa, Enak Lebaran adalah opor ayam dan ketupat. Sedianya makanan ini khas Jawa, dengan bumbu beragam rempah-rempah dan memiliki simbol sendiri. Ayam, adalah hewan yang sangat dekat dengan manusia dan umum dipersembahkan dalam upacara-upacara tradisi.

Lagi mencari ide resep opor ayam kombinasi istimewa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kombinasi istimewa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kombinasi istimewa, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam kombinasi istimewa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada. Menu Masakan Tahu Tempe ini Bikin Lebaranmu Istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam kombinasi istimewa yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam Kombinasi Istimewa memakai 26 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Opor Ayam Kombinasi Istimewa:

  1. Ambil 1 1/2 ekor ayam kampung dengan berat masing-masing ayam antara 650-750 gram.
  2. Sediakan 500 gram kentang, kupas, potong empat.
  3. Ambil 30 butir telur puyuh.
  4. Ambil 1 buah bawang bombay yang seukuran bola tenis, iris.
  5. Sediakan 12 butir bawang merah, iris.
  6. Sediakan 1 1/2 liter santan cair.
  7. Siapkan 750 ml santan kental dari satu butir kelapa.
  8. Siapkan 1 1/2 liter air untuk merebus ayam.
  9. Sediakan 4 sdm minyak kelapa untuk menumis.
  10. Gunakan 6 sdm garam.
  11. Siapkan 4 sdm gula aren.
  12. Gunakan 1 butir jeruk nipis atau lemon, ambil airnya untuk melumuri ayam.
  13. Gunakan 2 sdm bawang merah goreng untuk taburan.
  14. Ambil Bumbu yang dihaluskan:.
  15. Siapkan 8 siung bawang putih.
  16. Siapkan 2 sdt ketumbar.
  17. Ambil 1 sdt merica butiran.
  18. Sediakan 3 biji kemiri.
  19. Sediakan 1/2 biji pala.
  20. Siapkan Bumbu rempah:.
  21. Gunakan 3 butir cengkeh.
  22. Siapkan 1 buah pekak/bunga lawang/star anise.
  23. Gunakan 2 batang serai, ambil putihnya, geprak.
  24. Gunakan 4 lembar daun salam.
  25. Gunakan 3 ruas jari lengkuas, memarkan.
  26. Siapkan 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya.
BARU  Resep 24. Rendang Ayam telur yang Lezat

Nah, opor ayam inilah yang terkadang menjadi salah satu makanan paling dirindukan di saat moment makan bersama. Opor ayam ini selain memiliki rasa yang enak juga kaya akan kandungan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Resep Opor Ayam Rumahan Dan Istimewa – Hai Umi dirumah bertemu lagi dengan saya, oh ya Umi, Anda bingung menentukan apa sajian untuk menj. Kelezatan opor ayam sudah tidak di ragukan lagi, pasalnya rempah-rempah yang terkandung di dalamnya memiliki rasa yang tajam.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Kombinasi Istimewa:

  1. Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air jeruk nipis/lemon hingga rata sambil diremas-remas. Biarkan 15 menit, lalu cuci kembali sampai betul-betul bersih. Didihkan 1,5 liter air, masukkan ayam, didihkan di atas api sedang selama 1 jam..
  2. Sementara menunggu merebus ayam, panaskan wajan, tuangkan minyak. Jika minyak sudah panas, tumis bumbu yang dihaluskan hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma harum. Masukkan bawang merah. Jika bawang merah sudah agak mengering masukkan irisan bawang bombay. Tumis hingga bombay layu. Masukkan cengkeh, bunga lawang/staranise, daun jeruk, sereh, daun salam, dan lengkuas. Tunggu hingga tercium aroma wangi khas rempah-rempah dan daun jeruk..
  3. Setelah tumisan bumbu matang, tuangkan 1,5 liter santan cair, aduk terus hingga mendidih. Jika santan sudah mendidih tuang seluruh isi wajan ke dalam rebusan ayam. Masukkan potongan kentang. Didihkan kembali sambil menunggu kentang empuk, lalu masukkan telur puyuh. Setelah itu, masukkan 750 ml santan kental. Aduk terus. Setelah mendidih, masukkan garam dan gula aren. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai kurang lebih 1 jam. Taburi 2 sdm bawang merah goreng. Matikan kompor..
  4. Opor ayam istimewa siap dihidangkan bisa bersama nasi atau lontong maupun ketupat. Cocok untuk sajian ketika perayaan hari raya atau acara keluarga atau acara gathering seperti arisan. Selamat mencoba!.

Bahkan saat ini, opor ayam memiliki resep yang telah di kombinasikan dengan lebih banyak bahan rempah dan terdapat pula kombinasi dalam bahan utama. Juga disertai cara memasak opor ayam praktis dengan bumbu instan. Ayam bisa diganti dengan telur, tahu, kentang, maupun daging sapi. Merdeka.com – opor ayam biasanya disajikan sebagai hidangan pesta atau syukuran. Makanan ini hampir tak pernah absen dari suguhan hari raya Idul Fitri.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Kombinasi Istimewa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!