Bagaimana Membuat Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay yang Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Membuat Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay yang Sempurna

Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay. Sate Kere Barokah. kalau ga salah daerahnya namanya Nayu, deket Dlilir, deket Universitas Slamet Riyadi atau Unisri. Yang tau silakan comment ? makasih ?. Resep sate kere, sate khas solo berbahan dasar jeroan.

Bagaimana Membuat Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay yang Sempurna Sate kere bahkan memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya jadi salah satu kuliner khas favorit. Sate kere khas Yogya biasanya menggunakan lemak dan otot sebagai bahan utama. Sementara sate kere khas Solo dibuat dari tempe gembus dan jeroan seperti ginjal dan babat.

Anda sedang mencari inspirasi resep sate kere khas solo #vegetarian satay yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sate kere khas solo #vegetarian satay yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sate Kere Barokah. kalau ga salah daerahnya namanya Nayu, deket Dlilir, deket Universitas Slamet Riyadi atau Unisri. Yang tau silakan comment ? makasih ?. Resep sate kere, sate khas solo berbahan dasar jeroan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sate kere khas solo #vegetarian satay, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sate kere khas solo #vegetarian satay yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sate kere khas solo #vegetarian satay yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay menggunakan 13 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay:

  1. Sediakan Bahan utama :.
  2. Sediakan 1 papan tempe / 6 buah tempe daun (saya menggunakan tempe daun).
  3. Gunakan Bumbu halus :.
  4. Ambil 8 siung bawang merah.
  5. Gunakan 3 siug bawang putih.
  6. Siapkan 2 sdm ketumbar.
  7. Gunakan 1 sdm merica/lada bubuk.
  8. Gunakan 1 ons gula jawa.
  9. Sediakan 2 sdm gula pasir.
  10. Gunakan Secukupnya garam.
  11. Siapkan 2 sdm kecap manis.
  12. Sediakan Secukupnya kaldu ayam.
  13. Gunakan 2 sdm maizena (larutkan dengan 100ml air).
BARU  Bagaimana Menyiapkan Rendang cumi jumbo yang Menggugah Selera

Keduanya disajikan bersama bumbu kacang yang sarat rempah. Sate kere adalah salah satu kuliner khas Solo yang terbuat dari tempe gembus (tempe yang dibuat dari ampas tahu). Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi. Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang atau sambal kecap yang.

Cara membuat Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay:

  1. Pertama, potong dadu tempe. Lalu goreng hingga sedikit kecoklatan. Sisihkan..
  2. Haluskan semua bahan untuk bumbu bakar kecuali kecap dan maizena..
  3. Siapkan wajan atau panci. Rebus bumbu bakar yang sudah dihaluskan dengan 100ml air. Jika sudah mendidih, masukkan larutan maizena dan kecap manis. Aduk hingga rata. Biarkan hingga mendidih lagi..
  4. Jika sudah mendidih lagi, tes rasa. Jika sudah pas, boleh langsung matikan api. Lalu langsung digunakan untuk mengoles tempe..
  5. Tusuk tempe menggunakan tusukan sate. Bisa diselang-seling dengan tomat, ketimun, atau bawang merah. Lali, masukkan tusukan sate tersebut ke dalam bumbu bakar yang telah dimasak tadi..
  6. Siapkan bara. Lalu, bakar sate. Panggang hingga matang..
  7. Jika sudah matang, angkat. Sajikan bersama lalapan timun, bawang merah, cabai dan potongan kubis..
  8. Siap disantappp???.

Dulu sate ini disebut sate kere karena yang makan kere-kere kismin (alias miskin). Tetapi sekarang semua, mau kaya atau tidak suka makan sate kere jadi Di antara menu-menu khas Solo tersebut ada tengkleng , sate kere, cabuk rambak dan timlo solo. COM – Sate kere merupakan kuliner khas Kota Solo yang tidak dibuat dari daging kambing maupun ayam, melainkan gembus (ampas tahu) dan jeroan sapi. Setelah dipanggang, tempe gembus dan jeroan sapi disiram sambal kacang. Ditemeni lontong, wah bumbunya pedeees ngg bkn mules. ??ยป.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sate kere khas solo #vegetarian satay yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!