Bagaimana Menyiapkan Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm, Enak Banget

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm, Enak Banget

Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm.

Bagaimana Menyiapkan Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm, Enak Banget

Lagi mencari ide resep nasi mandhi kambing a.k.a mandhi lahm yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi mandhi kambing a.k.a mandhi lahm yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi mandhi kambing a.k.a mandhi lahm, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi mandhi kambing a.k.a mandhi lahm yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi mandhi kambing a.k.a mandhi lahm sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm menggunakan 13 jenis bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm:

  1. Sediakan beras basmati.
  2. Gunakan kambing (potongan sedang).
  3. Siapkan bawang bombay, iris tipis.
  4. Siapkan bawang putih, haluskan.
  5. Gunakan kapulaga, geprek sampai hancur.
  6. Gunakan kayu manis.
  7. Sediakan cengkeh.
  8. Sediakan lombok ijo.
  9. Siapkan kunyit bubuk.
  10. Siapkan margarin.
  11. Sediakan Garam.
  12. Siapkan Merica.
  13. Ambil Arang.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Mandhi Kambing a.k.a Mandhi Lahm:

  1. Cuci beras basmati, kemudian rendam dengan air 30menit-1 jam sebelum digunakan.
  2. Didihkan air dalam panci dengan api besar, masukan daging kambing, ambil kotoran2 yang ada di permukaan air sampai benar2 bersih, setelah bersih matikan api, buang air bekas didihan daging..cara ini ampuh buat menghilangkan bau kambing.
  3. Tumis menggunakan margarin bawang putih yg telah dihaluskan.
  4. Masukkan satu setengah buah bawang bombay (sisakan setengah buah bawang bombay lainnya).
  5. Masukan kapulaga, cengkeh, kayu manis, tumis sampe wangi.
  6. Masukan daging kambing, tambah air sampe setara dengan daging, tambahkan garam dan merica, masak daging hingga empuk (aku biasanya pake presto 25 menit).
  7. Setelah daging empuk, sisihkan, panggang di teflon atau goreng.
  8. Tumis sampai layu setengah bagian sisa bawang bombay tadi menggunakan panci anti lengket.
  9. Masukan beras basmati, tambahkan air rebusan daging sebanyak 2,5 cup beras, letakkan 2 buah lombok hijau diatasnya, tutup panci, masak dengan api keciiillll (2 cup beras = 2,5 cup air rebusan daging).
  10. Saat nasi hampir matang, masukan sedikit saja bubuk kunyit dibeberapa tempat, tutup lagi dan masak hingga nasi matang (jangan diaduk hingga nasi matang agar warna tidak tercampur seluruhnya).
  11. Setelah nasi matang, letakkan diatas nasi cawan kecil tahan panas yang telah di beri 3sdm minyak goreng, letakkan arang yang sudah membara diatasnya, tutup panci agar asapnya tercampur dengan nasi (aroma arang juga merupakan aroma khas dari nasi mandhi).
  12. Sajikan dengan acar dan sambal tomat (resep menyusul yaa, belum sempat foto2 ?).
BARU  Resep Sate kambing empyuuukkk ? Anti Gagal

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi mandhi kambing a.k.a mandhi lahm yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!