Resep Nasi Mandhi Anti Gagal

Diposting pada
Resep Nasi Mandhi Anti Gagal

Nasi Mandhi.

Resep Nasi Mandhi Anti Gagal

Sedang mencari ide resep nasi mandhi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi mandhi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi mandhi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi mandhi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi mandhi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Mandhi memakai 15 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Mandhi:

  1. Gunakan beras basmati.
  2. Sediakan daging kambing.
  3. Sediakan bawang bombai cincang.
  4. Gunakan bawang putih cincang.
  5. Gunakan kapulaga hijau /India.
  6. Ambil cengkeh.
  7. Siapkan lada hitam.
  8. Siapkan kayumanis ukuran 2 cm.
  9. Siapkan bubuk rempah.
  10. Gunakan susu bubuk (2 saset dancow).
  11. Ambil air asam jawa.
  12. Gunakan margarin.
  13. Gunakan Saffron merah / orange,.
  14. Gunakan Gula, garam, kaldu bubuk.
  15. Siapkan bisa diganti pewarna kuning telor.

Langkah-langkah membuat Nasi Mandhi:

  1. Cuci beras basmati hingga bersih. Rendam dengan air sekitar 30 menitan..
  2. Rebus daging hingga empuk. Sisihkan..
  3. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum dengan menggunakan margarin. Masukkan rempah2nya (kepulaga, cengkeh, kayumanis dan lada hitam). Aduk2 hingga wangi..
  4. Kemudian masukkan bubuk rempahnya. Masukkan pula susu bubuk dan air asam jawa. Aduk2. Masukkan 1500 mL air kaldu rebusan kambing. Kalau rebusannyanya kurang dari itu tinggal menambahkan air hingga 1500 mL. Tambahkan gula garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa..
  5. Ambil 500 mL kuahnya masukkan dalam wadah berisi daging kambing. Jadi sisa di panci tinggal 1000 mL ya..
  6. Masukkan beras basmatinya. Aduk2, biarkan hingga mendidih. Keciiilkan apinya dan tutup panci. Sebelum ditutup dengan penutupnya bisa dilapisi aluminium foil agar uap tidak keluar. Masak sekitar 20 menit. Atau bila bagian atas nasinya sudah terlihat bengkok2 dan sudah ga ada kuahnya. Matikan api..
  7. Untuk membuat gradasinya cukup masukkan Saffron ke dalam nasinya secara acak. Dan tutup kembali tutup pancinya. Nah kalau menggunakan pewarna makanan bisa dilarutkan dengan sedikit air dan dituangkan secara acak..
  8. Untuk daging kambingnya, rebus dengan kuah hingga bumbu meresap. Bisa diicip2 dulu. Saya masak sampai airnya hampir habis. Koreksi rasa. Finishing nya bisa digoreng atau dipanggang..
  9. Nasi mandhi siap disajikan..
BARU  Resep Sate Kambing bumbu kacang yang Enak

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi mandhi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!