Resep Nasi Mandhi Iga Sapi yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Nasi Mandhi Iga Sapi yang Bikin Ngiler

Nasi Mandhi Iga Sapi.

Resep Nasi Mandhi Iga Sapi yang Bikin Ngiler

Lagi mencari ide resep nasi mandhi iga sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi mandhi iga sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi mandhi iga sapi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi mandhi iga sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi mandhi iga sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Mandhi Iga Sapi menggunakan 41 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi Mandhi Iga Sapi:

  1. Sediakan Bahan.
  2. Sediakan beras basmati.
  3. Gunakan iga sapi.
  4. Sediakan air merebus iga( kaldu jadi 700 ml,klo kurang tambah air.
  5. Siapkan bawang bombay cincang.
  6. Sediakan bawang putih cincang.
  7. Sediakan kapulaga.
  8. Siapkan cengkeh.
  9. Siapkan lada hitam.
  10. Gunakan kulit manis ukuran 2 cm.
  11. Ambil minyak samin/bisa margarin+minyak utk menumis.
  12. Gunakan susu bubuk kambing.
  13. Sediakan air rendaman asam jawa.
  14. Gunakan bumbu bubuk nasi mandhi.
  15. Gunakan peres garam (selera).
  16. Gunakan Bahan bumbu iga.
  17. Siapkan garam.
  18. Gunakan kunyit bubuk.
  19. Ambil lada bubuk.
  20. Gunakan ketumbar.
  21. Ambil bawang putih giling.
  22. Ambil minyak canola oil/minyak sayur.
  23. Gunakan Bahan pewarna nasi.
  24. Sediakan kunyit ditambah 20 ml air.
  25. Gunakan Bisa ditambahkan juga pewarna kuning telur (saya skip).
  26. Sediakan bahan saus tomat (di blender).
  27. Gunakan tomat.
  28. Siapkan cabe rawit merah gede.
  29. Siapkan cabe merah keriting.
  30. Sediakan bawang putih.
  31. Siapkan air perasan lemon.
  32. Sediakan garam halus (selera).
  33. Ambil air utk blender.
  34. Siapkan Pelengkap.
  35. Sediakan Kacang mente.
  36. Ambil Kismis.
  37. Sediakan Mentimun, brokoli.
  38. Siapkan Bahan tambahan.
  39. Ambil Arang (saya arang dr batok kelapa).
  40. Ambil Minyak.
  41. Ambil Aluminium foil / wadah tempat arang.

Cara menyiapkan Nasi Mandhi Iga Sapi:

  1. Rebus iga sapi selama 1 jam/ sampai daging empuk. Rendam beras basmati selama 30 menit, tiriskan. Rendam kacang mente dg air panas ditambah garam 5 menit kemudian tiriskan. Siapkan bumbu2 lain..
  2. Setelah iga empuk, angkat iga dan saring air kaldunya utk tambahan masak nasi mandhi. Kalo air kaldu kurang dr 700 ml tambahkan dg air sampai mencukupi jd 700 ml. Baluri iga dg bumbu dan minyak. Panggang kacang dan iga di oven selma 30 menit dg suhu 170°c. Panaskan dulu oven sebentar. Jika kacang msh belum matang angkat iga, oven lagi kacang sampai kekuningan. Saya tambah 10 menit lagi. Sesuaikan dg oven masing2 yah. Setelah matang,Sisihkan..
  3. Saatnya bikin nasi mandhi.lelehkan minyak samin/bisa ganti margarin + minyak. Tuang duo bawang aduk2 kemudian masukkan rempah2. Tumis sampai wangi dan layu. Tambahkan air asam jawa, bumbu halus nasi mandhi dan susu bubuk aduk rata. Tuang air kaldu 700 ml..
  4. Tutup biarkan sampai mendidih. Tambahkan 3 sdt datar garam halus. Tes rasa. Kemudian tuang beras basmati yang sudah ditiriskan. Tutup, kecilkan api, masak selama 20 menit sampai nasi benar2 matang dan air mengering. Larutkan secukupnya kunyit bubuk dg 20 ml air, tambahkan pewarna kuning telur (saya skip) aduk rata. Siram melingkar pada nasi. Aduk asal perlahan..
  5. Bakar arang. Beri minyak sedikit pada aluminium foil atau wadah. Letakkan ditengah nasi. Masukkan arang yg sudah dibakar kedalam minyak, tutup segera. Ini yang memberikan aroma khas pada nasi mandhi. Menurut aq step ini jangan diskip yah. Aq manfaatin arang dr batok kelapa. Aromanya jd kayak aroma2 sate. Wangi.. Setelah itu blender bahan2 saus tomat,tes rasa dan salin ke wadah..
  6. Penyajian.. Ambil secukupnya nasi, taburi kacang mente dan kismis, beri iga bakar, sayur dan saus tomat. Sajikan buat kesayangan.. Yummii…
  7. Rangkuman step2nya yah…
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Kambing Goreng Super Empuk, Enak Banget

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi mandhi iga sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!