Cara Gampang Menyiapkan 18. Opor ayam telor kuning yang Lezat Sekali

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan 18. Opor ayam telor kuning yang Lezat Sekali

18. Opor ayam telor kuning. Opor Ayam Kuning Lebaran enggak lengkap rasanya tanpa Opor Ayam Kuning ini. Opor ayam kampung spesial bumbunya pas rasanya sedap. Tambahkan daging ayam dan telur rebus.

Cara Gampang Menyiapkan 18. Opor ayam telor kuning yang Lezat Sekali Cara membuatnya mirip dengan rasa yang berbeda. Resep Opor Telur Kuning, Masakan Rumahan Terfavorit. Cara Membuat Opor Ayam Tahu Kuning : Pertama-tama tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan.

Sedang mencari inspirasi resep 18. opor ayam telor kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 18. opor ayam telor kuning yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Opor Ayam Kuning Lebaran enggak lengkap rasanya tanpa Opor Ayam Kuning ini. Opor ayam kampung spesial bumbunya pas rasanya sedap. Tambahkan daging ayam dan telur rebus.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 18. opor ayam telor kuning, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 18. opor ayam telor kuning enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat 18. opor ayam telor kuning sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan 18. Opor ayam telor kuning memakai 24 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan 18. Opor ayam telor kuning:

  1. Sediakan 1 ekor ayam.
  2. Siapkan 1/2 buah jeruk nipis.
  3. Sediakan 1 sdt garam.
  4. Siapkan 1 sdt kaldu jamur.
  5. Sediakan 1 sdt gula.
  6. Gunakan 4 butir telor rebus, kopek kulit, sisihkan.
  7. Siapkan Minyak goreng.
  8. Gunakan 1 bungkus Santan kental.
  9. Sediakan 500 ml air.
  10. Siapkan 10 cabe rawit merah (sy Pake cabe merah keriting).
  11. Siapkan 1/4 buah bawang Bombay, iris tipis.
  12. Gunakan 1 sdt kaldu jamur.
  13. Ambil 2 daun salam.
  14. Sediakan 4 daun jeruk.
  15. Sediakan Seruas lengkuas digeprek.
  16. Gunakan Seruas jahe (Saya skip).
  17. Gunakan 1 batang sereh digeprek.
  18. Siapkan Bumbu halus (Saya Pake diblender).
  19. Sediakan 10 siung bawang merah.
  20. Gunakan 6 siung bawang putih.
  21. Gunakan 1 ruas kunyit.
  22. Sediakan 1 sdt garam.
  23. Ambil 1 sdt Lada halus.
  24. Gunakan Sedikit air.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam kremes oatmeal yang Lezat Sekali

Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam kampung tentu rasanya akan lebih maknyus karena kaldunya lebih paten dan kental. Ada opor kuning, opor pedas, dan opor buncis ati ayam. Sesuai namanya, hidangan opor menggunakan bumbu kuning sebagai bumbu dasarnya. Berikut resep dan cara pembuatannya: Baca juga: Resep Kacang Telur Pedas, Camilan Favorit Banyak Orang.

Langkah-langkah membuat 18. Opor ayam telor kuning:

  1. Potong ayam mjd 12 potong, cuci bersih, marinasi ayam dgn jeruk nipis Dan garam, diamkan 10 menit.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng telur Dan ayam hingga kecoklatan, angkat Dan sisihkan.
  3. Panaskan 1 sdm minyak wajan lain utk menumis bawang Bombay YG diiris tipis hingga layu, baru masukin bumbu halus YG sdh diblender, daun Salam, daun jeruk, sereh, lengkuas hingga harum (agak kering dikit),, lalu tuang sedikit air tunggu sampai mendidih.
  4. Kemudian, Masukin ayam Dan telor, aduk rata dgn bumbu, diamkan sebentar sampai meresap, tambahkan sedikit air lagi, jika suka berkuah bole tambahkan air banyak, tunggu sampai mendidih.
  5. Stlh mendidih, Lalu tuang Santan kental Sambil diaduk. Masukan kaldu jamur, gula, garam, Lalu koreksi Rasa, rebus sebntr hingga meresap bumbunya sekitar 5 menitan, lalu tambahkan cabe keriting merah (diresep asli cabe rawit merah) jika sdh oke rasanya, diangkat Dan sajikan selagi hangat. Selamat mencoba..

Opor ayam kuning jadi hidangan ikonik saat lebaran. Memang di Indonesia kurang afdol rasanya berlebaran tanpa ada sajian opor di rumah. Opor ayam kuning biasa disantap setelah shalat Ied. Dimakan bersama dengan keluarga hingga tamu yang datang ke rumah. Opor Ayam Kuning Lebaran enggak lengkap rasanya tanpa Opor Ayam Kuning ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat 18. opor ayam telor kuning yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!