Bagaimana Membuat Mango Sticky Rice ala-ala, Lezat

Diposting pada
Bagaimana Membuat Mango Sticky Rice ala-ala, Lezat

Mango Sticky Rice ala-ala. Mango sticky rice (Thai: ข้าวเหนียวมะม่วง, RTGS: khaoniao mamuang, pronounced [kʰâ(ː)w.nǐa̯w mā.mûa̯ŋ]; Malay: pulut mangga) is a traditional Thai dessert made with glutinous rice, fresh mango and coconut milk, and eaten with a spoon or sometimes the hands. KOMPAS.com – Mango Sticky Rice atau ketan manis dengan topping mangga adalah camilan manis ala Thailand yang terkenal. Namun demikian dessert satu ini punya banyak penggemar.

Bagaimana Membuat Mango Sticky Rice ala-ala, Lezat Use the ripest mangoes you can find, good-quality coconut milk (avoid "lite" options), and Thai Also called glutinous rice or sticky rice, it can be found at Asian food stores and well-stocked supermarkets. The sticky rice is made in a pot on. Mango sticky rice ini merupakan salah satu dessert atau makanan pencuci mulut yang terbuat dari bahan utama beras ketan yang dimasak dengan Simak Juga : Resep King Mango Thai (Jus Mangga Ala Thailand).

Sedang mencari ide resep mango sticky rice ala-ala yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mango sticky rice ala-ala yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Mango sticky rice (Thai: ข้าวเหนียวมะม่วง, RTGS: khaoniao mamuang, pronounced [kʰâ(ː)w.nǐa̯w mā.mûa̯ŋ]; Malay: pulut mangga) is a traditional Thai dessert made with glutinous rice, fresh mango and coconut milk, and eaten with a spoon or sometimes the hands. KOMPAS.com – Mango Sticky Rice atau ketan manis dengan topping mangga adalah camilan manis ala Thailand yang terkenal. Namun demikian dessert satu ini punya banyak penggemar.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mango sticky rice ala-ala, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mango sticky rice ala-ala enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat mango sticky rice ala-ala yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mango Sticky Rice ala-ala memakai 15 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mango Sticky Rice ala-ala:

  1. Sediakan Bahan ketan.
  2. Siapkan 1 liter beras ketan putih.
  3. Sediakan 65 ml santan instan.
  4. Sediakan 500 ml air putih.
  5. Gunakan Secukupnya pewarna hijau.
  6. Ambil 1 lembar daun pandan.
  7. Ambil Secukupnya garam.
  8. Sediakan Bahan vla.
  9. Gunakan 65 ml santan instan.
  10. Siapkan 300 ml susu cair full cream.
  11. Ambil 150 ml air putih.
  12. Ambil 7 sdm gula pasir.
  13. Gunakan 1 lembar daun pandan.
  14. Siapkan 2 sdm tepung maizena.
  15. Sediakan 4 buah mangga (saya pakai mangga indramayu dan harum manis).

Nah, dari pada harus pergi jauh-jauh ke Thailand hanya untuk mencicipi mango sticky. Jika di Indonesia lebih familiar dengan sajian 'tansu' (ketan susu) atau ketan durian maka negara tetangga kita, Thailand, lebih dulu melejitkan sajian mango sticky rice. Sweetened coconut milk flavors sticky rice, which is then served with fresh mango in this deliciously refreshing take on the traditional Thai treat. This wonderful and authentic-tasting Thai dessert is as good, if not better, than any sweet sticky rice with Mango available in Thai restaurants.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Bakar Teri Kelapa Anti Gagal

Langkah-langkah membuat Mango Sticky Rice ala-ala:

  1. Cuci bersih beras ketan dan rendam selama kurleb 30 menit..
  2. Kukus beras ketan selama kurleb 30 menit bersama daun pandan. Jangan lupa sesekali diaduk ya agar matang merata..
  3. Setelah 30 menit, angkat beras ketan dan letakkan dalam wadah. Tekstur beras ketan masih agak keras atau "nglethis" kalau org jawa bilang..
  4. Sembari menunggu ketan agak dingin, siapkan air 500 ml dalam panci, tambahkan 1 bungkus santan instan 65 ml, secukupnya garam (saya 1/2 sdt), dan beberapa tetes pewarna hijau sesuai warna yang diinginkan. Aduk-aduk sampai rata lalu rebus sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah..
  5. Setelah mendidih, tuangkan campuran tsb ke wadah yang berisi ketan lalu aduk-aduk sampai merata. Hasil akhirnya menurut saya krg gurih sih, mungkin bisa ditambah santan dan garamnya sesuai selera jika ingin lebih gurih. Pewarna hijau juga buat tampilan aja ya agar cantik, mau warna lain jg silakan, atau dibiarkan putih polos spt aslinya jg oke..
  6. Kukus kembali ketan selama 30 menit..
  7. Sambil mengukus ketan, siapkan bahan untuk membuat vla. Campur semuanya kecuali tepung maizena, lalu rebus sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Setelah mendidih, tambahkan tepung maizena yang sudah diencerkan dengan air sampai mendapat kekentalan vla yang diinginkan..
  8. Cuci bersih mangga lalu potong dadu agak besar. Saya gunakan mangga indramayu agar ada rasa asem2 segernya dan dicampur dengan mangga harum manis karena anak2 ga suka mangga yang asem..
  9. Nah, mango sticky rice siap disajikan. Cetak ketan menggunakan mangkok kecil, tuang saos vla di atasnya dan tata potongan mangga di sampingnya. Oiya, ini matengnya jadi banyaakkk banget. Jadi kalau mau buat utk satu keluarga kecil aja kayaknya setengah resep aja udah cukup. Nah karena kebanyakan, bisa dikirim-kirim ke tetangga malahan. Tata yang cantik dalam wadah, saos vla dipisah yaa…cantik deh jadinya?.

Mango Sticky Rice is sweetened sticky rice with fresh mangoes. This dessert is very popular in Thailand and Southeast Asia. Sticky rice is commonly served with a sweet or savory topping of lentils or beans. However, the best sticky rice recipe comes with ripe and juicy fresh mangoes. Now open daily for takeaway and deliveries To serve Mango Sticky Rice, place sweet coconut rice on a plate first, then peeled and sliced half of mango.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mango sticky rice ala-ala yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!