Bagaimana Membuat Opor Ayam Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor Ayam Anti Gagal

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Bagaimana Membuat Opor Ayam Anti Gagal Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Lagi mencari ide resep opor ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan opor ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam:

  1. Gunakan 5 buah paha ayam.
  2. Sediakan 5 buah ceker ayam.
  3. Siapkan 4 butir telur (rebus, kupas).
  4. Sediakan ? bumbu halus :.
  5. Sediakan 8 siung bawang merah.
  6. Sediakan 4 siung bawang putih.
  7. Sediakan 2 butir kemiri.
  8. Sediakan 2 ruas kunyit ± 8cm.
  9. Siapkan 1 ruas jahe ± 3cm.
  10. Siapkan ? bahan lain :.
  11. Sediakan 2 sdt penyedap rasa.
  12. Gunakan 1/2 sdt gula.
  13. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  14. Ambil 1 batang serai.
  15. Ambil 1 ruas lengkuas ± 3cm.
  16. Sediakan 2 lembar daun salam.
  17. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  18. Sediakan 800 ml santan cair (santan bubuk 20gr + air).
  19. Gunakan 200 ml santan (santan instan 65ml + air panas).
  20. Ambil 4 sdm minyak goreng (untuk menumis).
BARU  Resep Ayam Saos Teriyaki Saori Anti Gagal

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Cara membuat Opor Ayam:

  1. Siapkan bahan.
  2. Didihkan air, rebus ayam ± 2mnt untuk menghilangkan kotoran. Angkat, sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, lengkuas, daun salam & daun jeruk. Lalu masukkan ceker ayam & paha ayam. Aduk, biarkan ± 2mnt.
  4. Masukkan santan cair, penyedap rasa, gula & lada, aduk rata cek rasa. Tutup, biarkan hingga air mendidih & bumbu meresap ± 15mnt.
  5. Masukkan telur & santan kental, aduk hingga tercampur rata. Masak sebentar hingga mendidih (sambil sesekali diaduk agar santan tdk pecah) angkat & sajikan.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!