Resep Opor Ayam Kampung yang Sempurna

Diposting pada
Resep Opor Ayam Kampung yang Sempurna

Opor Ayam Kampung.

Resep Opor Ayam Kampung yang Sempurna

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam kampung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kampung yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kampung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Opor Ayam Kampung menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor Ayam Kampung:

  1. Ambil 1/2 ekor ayam kampung (rebus sebentar).
  2. Siapkan Secukupny Gula, garam, lada bubuk, penyebab rasa.
  3. Siapkan 500 ml air.
  4. Gunakan 1 bks santan kara.
  5. Ambil 1 btg sereh.
  6. Sediakan 1 cm jahe.
  7. Gunakan 1 cm lengkuas.
  8. Sediakan 1 lbr daun salam.
  9. Gunakan 1 lbr daun jeruk.
  10. Ambil 5 bh cabe rawit merah.
  11. Sediakan Bumbu halus:.
  12. Sediakan 6 siung bawang merah.
  13. Siapkan 3 siung bawang putih.
  14. Siapkan 2 btr kemiri.
  15. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  16. Sediakan 2 cm kunyit.

Cara menyiapkan Opor Ayam Kampung:

  1. Siapkann bahan. Geprek jahe, lengkuas, sereh. Blender bumbu hingga halus, atau boleh diulek..
  2. Rebus ayam sebentar. Kebetulan saya pakai ayam kampung tua jadi harus direbus agak lama dulu..
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan jahe, sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Aduk hingga matang dan tanak..
  4. Masukkan bumbu tumis ke dalam rebusan ayam tadi. Tutup hingga bumbu meresap ke ayam. Masukkan cabe rawit, dan santan instan..
  5. Aduk sebentar utk cek kematangan ayam. tambahkan gula garam, kaldu bubuk, lada bubuk. Icip rasa. Tutup lagi. daaan opor ayam kampung siap dihidangkan..
BARU  Resep Gorengan tempe kriuk yang Menggugah Selera

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Kampung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!