Resep Sayur Asam Jakarta, Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Sayur Asam Jakarta, Bikin Ngiler

Sayur Asam Jakarta. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing.

Resep Sayur Asam Jakarta, Bikin Ngiler Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asam jakarta yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam jakarta yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam jakarta, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asam jakarta enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asam jakarta yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asam Jakarta memakai 17 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Sediakan 2 potong tulang iga sapi.
  2. Gunakan 2 ikat kacang panjang.
  3. Gunakan 2 buah jagung.
  4. Siapkan 1 buah labu siam/manisa.
  5. Sediakan Asam jawa.
  6. Gunakan Gula.
  7. Ambil Garam.
  8. Ambil Penyedap rasa.
  9. Ambil Bumbu ulek :.
  10. Ambil 8 siung bawang merah.
  11. Ambil 3 siung bawang putih.
  12. Gunakan 3 butir kemiri.
  13. Siapkan secukupnya Cabe merah.
  14. Gunakan Cabe rawit (optional kalo suka agak pedas).
  15. Siapkan Bahan cemplung.
  16. Sediakan Laos.
  17. Ambil Daun salam.

Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan resep sayur asem Jakarta dengan sayur asem yang lainnya adalah penggunaan bumbu cabe dan kemiri yang dihaluskan. Sayur yang biasanya berisi kacang panjang, kacang tanah, nangka muda, daun dan buah melinjo, serta potongan jagung ini biasanya ada di rumah makan yang menyediakan masakan Betawi atau masakan Sunda. Lihat juga resep Sayur Asem Jakarta Rumahan Mudah, Simpel, Pedas dan Enak enak lainnya.

BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur asam jawa, Enak Banget

Langkah-langkah membuat Sayur Asam Jakarta:

  1. Cuci bersih tulang iga lalu rebus sampai dagingnya empuk. Masukkan laos dan daun salam.
  2. Potong-potong sayuran (labu, jagung, dan kacang panjang) lalu cuci bersih dan sisihkan.
  3. Ulek semua bahan bumbu halus..
  4. Apabila tulang iga dirasa udah mulai empuk masukkan jagung dan labu siam. Tunggu beberapa saat lalu masukkan bumbu halus. Masukkan asam jawa yang sudah dilarutkan air. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Atur rasa sesuai selera..
  5. Terakhir masukkan kacang panjang. Tunggu beberapa saat sampai kacang panjangnya agak layu..
  6. Sayur asam siap dihidangkan..

Sayur asam/asem, adalah masakan berjenis sayur-sayuran khas masyarakat Indonesia. Terdapat banyak variasi; sayur asam Jakarta (variasi orang Betawi), sayur asem Jawa Timur, sayur asem Sunda, sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin, sayur asem bening dll. Sayur asem Jakarta memang enak dan bikin rindu, yuk intip resepnya! Brilio.net – Kalau ke Jakarta yang ngangenin memang makanan tradisional seperti ketoprak dan kerak telor, dan tentunya satu lagi, yakni sayur asem khas Jakarta. Nggak perlu jauh-jauh ke Jakarta, kamu bisa lho bikin sendiri sayur asem Jakarta yang nggak bening, dan segar itu.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asam jakarta yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!