Cara Gampang Membuat Opor Ayam, Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Opor Ayam, Sempurna

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Cara Gampang Membuat Opor Ayam, Sempurna Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam memakai 15 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Italian herb roasted chicken (ayam oven bumbu italia), Bisa Manjain Lidah

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam:

  1. Gunakan 1/2 kg ayam.
  2. Sediakan 5 buah tahu, potong bagi 2 (optional).
  3. Gunakan 2 batang sereh, geprek.
  4. Ambil 2 lembar daun salam.
  5. Sediakan Garam.
  6. Siapkan Penyedap rasa.
  7. Sediakan 1 santan instan 65ml.
  8. Gunakan Bumbu Halus :.
  9. Gunakan 8 siung bawang merah.
  10. Siapkan 4 siung bawang putih.
  11. Siapkan 3 kemiri.
  12. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk.
  13. Sediakan 2 ruas kunyit.
  14. Siapkan 1 ruas jahe.
  15. Gunakan 1 ruas lengkuas.

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam:

  1. Haluskan bumbu.
  2. Masak bumbu halus, sereh dan daun salam, tambahkan sedikit air. Tumis hingga harum dan matang.
  3. Kemudian masukkan ayam yang sudah di bersihkan dan tahu, aduk sebentar..
  4. Masukkan santan dan air. Masak hingga mendidih. Kemudian beri garam dan penyedap rasa. Koreksi rasa.
  5. Masak hingga ayam matang, dan kuah mulai meresap dan menyusut..
  6. Hidangkan pada wadah saji.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!