Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning yang Bikin Ngiler

Opor Ayam Kentang Kuning. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang Cara Membuat Opor Ayam – Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan.

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning yang Bikin Ngiler Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Sedang mencari ide resep opor ayam kentang kuning yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kentang kuning yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang Cara Membuat Opor Ayam – Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kentang kuning, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kentang kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam kentang kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning menggunakan 21 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Opor Ayam Kentang Kuning:

  1. Gunakan 1 ekor ayam, potong 12, cuci bersih.
  2. Sediakan 1/2 buah jeruk nipis.
  3. Ambil 1 sdt garam.
  4. Ambil 2 buah kentang, bersihkan, potong jadi 8.
  5. Gunakan Minyak goreng.
  6. Siapkan 2 bungkus santan instan, saya pakai kara 1, sasa bubuk 1.
  7. Ambil 500 ml air.
  8. Sediakan 10 buah cabe rawit merah.
  9. Ambil 1/4 buah bawang bombay, iris tipis.
  10. Gunakan 1 sdt Kaldu bubuk.
  11. Gunakan Bumbu halus :.
  12. Siapkan 10 siung bawang merah.
  13. Ambil 6 siung bawang putih.
  14. Siapkan 1 ruas kunyit.
  15. Sediakan 1 ruas jahe.
  16. Siapkan 1 sdt garam.
  17. Siapkan 1 sdt lada halus.
  18. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  19. Ambil 1 batang sereh.
  20. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  21. Gunakan 2 lembar daun salam.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Onion Ring, Enak Banget

Karena opor ayam ini merupakan olahan dengan santan, sebaiknya memasaknya secukupnya saja ya. Angkat dan tiriskan hingga minyaknya surut. Siapa yang tidak pernah makan opor ayam? Hampir semua orang pasti pernah mencicipi makanan yang sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia ini.

Cara membuat Opor Ayam Kentang Kuning:

  1. Siapkan bahan dan bumbu, cuci bersih. Marinasi ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 10 menit..
  2. Haluskan lada dan bumbu2, untuk lengkuas dan sereh cukup digeprek aja..
  3. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ayam dan kentang sampai agak kecoklatan. Lalu sisihkan..
  4. Panaskan minyak di wajan yg lain, masukkan bawang bombay yg sudah diiris, tumis sebentar sampai layu. Lalu masukkan bumbu yg sudah dihaluskan, tumis sampai harum. Lalu tambahkan sedikit air, tunggu sampai mendidih..
  5. Masukkan ayam kedalam tumisan bumbu tadi, aduk rata. Diamkan sebentar sampai meresap. Lalu tambahkan air, bila suka berkuah boleh agak banyak. Tunggu sampai mendidih..
  6. Setelah mendidih tambahkan santan instan sambil diaduk rata. Masukkan kaldu bubuk, gula, lalu koreksi rasa. Rebus sebentar sampai bumbu meresap ke ayam sekitar 5 menit. Lalu tambahkan cabe rawit utuh untuk yg mau ada sensasi pedasnya. Bila sudah pas, angkat dan sajikan..
  7. Klo saya suka banget dimakan pake lontong atau ketupat, berasa Lebaran.. ??.

Buat kamu yang juga sedang mencari resep opor ayam kuning yang sepesial untuk Lebaran… Antara lain ialah opor ayam tahu bumbu kuning, opor ayam pedas, opor ayam kampung, dan opor ayam kentang. Dimana masing-masing resep tersebut mempunyai varian rasa yang berbeda, yang dapat menambah menu makanan di rumah bunda. Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam kampung tentu rasanya akan lebih maknyus karena kaldunya lebih paten dan kental. Apalagi ayam kampung yang lagi bertelor pasti rasanya lebih wah. Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Kentang Kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!