Cara Gampang Membuat Opor Ayam Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Opor Ayam Anti Gagal

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Anti Gagal Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Sedang mencari ide resep opor ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan opor ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 22 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam:

  1. Ambil 8 potong dada ayam (me: 1/2 ekor ayam).
  2. Gunakan 6 butir telur puyuh (sy tidak pakai).
  3. Siapkan Bumbu yang dihaluskan:.
  4. Siapkan 8 butir bawang merah.
  5. Siapkan 3 butir bawang putih.
  6. Gunakan 2 butir kemiri.
  7. Siapkan 1 sdt merica.
  8. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  9. Siapkan Bahan yang di geprek:.
  10. Sediakan 2 batang serai.
  11. Siapkan 1 ruas jahe.
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  13. Siapkan 3 lembar daun salam.
  14. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  15. Siapkan Bahan tambahan:.
  16. Ambil 1 bungkus santan instan (65 ml).
  17. Ambil Secukupnya garam.
  18. Ambil Secukupnya gula.
  19. Sediakan Secukupnya Kaldu jamur.
  20. Siapkan 1 liter air.
  21. Sediakan Bahan pelengkap:.
  22. Sediakan Bawang goreng.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Pop, Lezat

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam:

  1. Cuci ayam hingga bersih, sisihkan. Rebus air sampai mendidih.
  2. Masukkan ayam yang telah di cuci bersih ke dalam air mendidih bersama: lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam. Masak 15-20 menit sampai ayam setengah matang.
  3. Haluskan bumbu-bumbu.
  4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan berubah warna.
  5. Masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan ayam, aduk dan setelah agak mendidih tambahkan santan. Aduk kembali, lalu beri gula, garam, kaldu jamur secukupnya. Koreksi rasa, tunggu beberapa menit sampai santan menyatu dan mendidih, matikan api.
  6. Taburi dengan bawang goreng dan siap disajikan.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!