Resep Tahu Campur, Enak Banget

Diposting pada
Resep Tahu Campur, Enak Banget

Tahu Campur. Selamat datang di Tahu Campur Channel. sarana geguyuban sererek-sederek jawi. saka jawi dateng jawi , jawi kangge dunyo Welcome to Tahu Campur Channel cultural , mistism and Javanese lifestyle. Tahu Campur Pak Sadak – Jl. Resep Tahu Campur, salah satu masakan khas Jawa Timur yang sering diburu oleh pecinta kuliner.

Resep Tahu Campur, Enak Banget Tahu campur, literally meaning mixed tofu in Javanese language and broader Indonesian language, is an East Tahu campur. Indonesian tofu dish from East Java. Tahu campur ini merupakan hidangan yang terdiri dari daging tetelan/kikil, tahu goreng, lontong, mie kuning, lentho (perkedel singkong), tauge, selada, dengan kuah petis yang lezat.

Lagi mencari inspirasi resep tahu campur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal tahu campur yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Selamat datang di Tahu Campur Channel. sarana geguyuban sererek-sederek jawi. saka jawi dateng jawi , jawi kangge dunyo Welcome to Tahu Campur Channel cultural , mistism and Javanese lifestyle. Tahu Campur Pak Sadak – Jl. Resep Tahu Campur, salah satu masakan khas Jawa Timur yang sering diburu oleh pecinta kuliner.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tahu campur, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan tahu campur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tahu campur yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tahu Campur menggunakan 38 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Tahu Campur:

  1. Siapkan * Bumbu halus.
  2. Siapkan 1 sdm tumbar.
  3. Gunakan 1 sdt jinten.
  4. Ambil 1 sdt mrica.
  5. Siapkan 1 ruas jahe.
  6. Gunakan 1 ruas kecil lengkuas muda.
  7. Gunakan 2 sdm minyak goreng unt menumis.
  8. Gunakan * Bumbu pelengkap.
  9. Gunakan 3 btg serai.
  10. Sediakan 7 lbr daun jeruk.
  11. Ambil 5 lbr daun salam.
  12. Gunakan 2 sdm garam.
  13. Gunakan 3 sdm gulpas.
  14. Sediakan * Bahan petis.
  15. Ambil 1/4 petis udang.
  16. Gunakan 1 ons petis biasa.
  17. Gunakan 1/4 sdt garam.
  18. Gunakan 1/2 sdt gula pasir.
  19. Ambil 3 lbr daun jeruk.
  20. Sediakan 3 sdm air.
  21. Sediakan * Bahan sambal.
  22. Ambil 25 cabe rawit (optional).
  23. Ambil 5 bawang putih.
  24. Gunakan * Bahan jemblem.
  25. Gunakan 1,5 kg singkong parut.
  26. Siapkan 1/2 sdt ketumbar.
  27. Siapkan 1 ruas kunyit.
  28. Ambil 3 bawang merah (boleh skip).
  29. Ambil 2 bawang putih.
  30. Sediakan 1 sdt garam.
  31. Gunakan 1/2 sdt gula.
  32. Gunakan * Bahan lain.
  33. Ambil 2 kg daging (me +1/2 kg campur).
  34. Siapkan 40 lontong potong sesuai selera.
  35. Siapkan 20 buah tahu (me tahunya gado2) potong kecil2.
  36. Gunakan 7 Bks bihun rendam air panas lalu tiriskan.
  37. Siapkan 1/2 kg slada potong2.
  38. Siapkan 1/4 kg cambah (me skip).
BARU  Bagaimana Membuat Ayam Pop Padang yang Bikin Ngiler

Tahu campur khas Lamongan ini punya cita rasa yang gurih dan segar. Bumbu petis yang berpadu dengan kuah kaldu sapi yang besar, bikin sajian ini digemari masyarakat lokal maupun pengunjungnya. Khasiat tahu campur yang pertama dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kandungan yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Langkah-langkah membuat Tahu Campur:

  1. Rebus daging dengan 3 gayung air menggunakan panci presto selama 30:menit (air rebusannya jangan di buang ya), setelah itu potong2 daging sesuai selera. Sambil menunggu daging, haluskan bumbu halus, lalu tumis di wajan hingga harum, tambahkan bumbu pelengkap kecuali garam gula kaldu bubuk. Tunggu bumbu hingga masak lalu masukan ke dalam panci yg berisi potongan daging dan air kaldu rebusan daging di presto tadi. Biarkan air kaldu mendidih, tambahkan 4 – 5 gayung air tunggu hingga mendidih..
  2. Setelah benar2 mendidih masukan garam gula kaldu bubuk aduk2 tes rasa. Masak hingga bumbu meresap dan daging benar2 empuk.
  3. Campur semua bahan petis di wajan tes rasa, masak sebentar hingga mendidih, sisihkan.
  4. Kukus sebentar bahan sambal hingga layu, lalu di haluskan dengan sejumput garam, beri dua sdm air kuah tahu campur, sisihkan..
  5. Haluskan bawang merah putih tumbar kunyit lalu campur ke seluruh bahan jemblem tes rasa, bentuk bulat lonjong,.lalu goreng hingga matang keemasan, biarkan dingin lalu potong tipis2 sisihkan.
  6. Cara penyajiannya, sejumput petis dan sambal di pinggir piring lalu lontong slada jemblem bihun tahu cambah potongan daging, kemudian siram dengan kuah tahu campur,nikmati selagi hangat.

Kala itu ia berjualan dengan mendorong gerobak keliling kampung. Di masa awal ia memang merasa kesulitan menjual dagangannya. Tahu campur, literally meaning "mixed tofu" in Javanese language and broader Indonesian language, is an East Javanese tofu dish. The dish consists of sliced tahu goreng , lontong. salah satu warung tahu campur Lamongan yang terkenal di Kota Malang. rasanya memang sangat mantap, saya paling suka tahu campur kikil, empuk banget. harga sangat terjangkau. Sekarang tahu campur khas Lamongan sudah siap untuk disajikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat tahu campur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!