Bagaimana Membuat Opor Ayam ala orang Batak/Medan Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor Ayam ala orang Batak/Medan Anti Gagal

Opor Ayam ala orang Batak/Medan. Opor ayam yang enak dan lembut teman makan ketupat!!! Enny Tangerang. #oporayam #menulebaran #indoculinairehunter Tips memasak opor ayam gurih, wangi dan tidak bau amis ayamnya. Resep opor ayam ini cocok untuk lebaran atau.

Bagaimana Membuat Opor Ayam ala orang Batak/Medan Anti Gagal Sekarang, udah nggak ada lagi alasan "aku nggak bisa masak", soalnya masak pakai SASA Bumbu Opor ini gampang banget! Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya. Ayam opor khas Bogor ini memang agak terasa manis karena menggunakan gula jawa, kekhasan rasanya mantap dengan paduan bumbu lain dan santan.

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam ala orang batak/medan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam ala orang batak/medan yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Opor ayam yang enak dan lembut teman makan ketupat!!! Enny Tangerang. #oporayam #menulebaran #indoculinairehunter Tips memasak opor ayam gurih, wangi dan tidak bau amis ayamnya. Resep opor ayam ini cocok untuk lebaran atau.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam ala orang batak/medan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam ala orang batak/medan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat opor ayam ala orang batak/medan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam ala orang Batak/Medan memakai 21 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor Ayam ala orang Batak/Medan:

  1. Ambil Bahan A.
  2. Ambil 1/2 ekor ayam boleh ayam kampung (saya ayam lokal).
  3. Sediakan 1/2 buah asam.
  4. Siapkan Bahan B (Bumbu Halus).
  5. Sediakan 3 buah bawang merah.
  6. Ambil 1 buah bawang putih.
  7. Siapkan 1 buah kemiri.
  8. Gunakan 1/2 ruas jahe.
  9. Sediakan 1/2 ruas kunyit.
  10. Sediakan 1/2 ruas lengkuas muda.
  11. Ambil 15 buah cabe rawit + 2 buah cabe keriting.
  12. Siapkan Bahan C (yg disangrai) lalu haluskan.
  13. Sediakan 3 sendok kelapa.
  14. Ambil 1/2 sdt ketumbar.
  15. Gunakan Bahan D (Tambahan).
  16. Sediakan 1 buah serai di geprek.
  17. Gunakan 1 helai daun jeruk.
  18. Ambil 1 buah Santan kelapa bungkusan dr paklek sayur.
  19. Siapkan 1/2 sdt garam.
  20. Ambil 1/2 sdt kaldu jamur.
  21. Siapkan 1/4 sdt gula (yg potong ada).
BARU  Cara Gampang Membuat Ayam panggang Madu Rempah Anti Gagal

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Selain ketupat, sebenarnya hidangan berkuah ini pun akan sangat nikmat ketika disantap dengan nasi putih hangat. Opor ayam atau disebut juga Indonesian white chicken curry merupakan makanan yang kaya akan rempah-rempah dalam pembuatannya.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam ala orang Batak/Medan:

  1. Bersihkan ayam, potong jd bbrp bagian lalu lumuri buah asam jeruk sisihkan (saya potong kecil).
  2. Haluskan Bahan B (Bumbu halus), lalu Tumis hingga wangi (kluar minyaknya) lalu masukkan serai dan daun jeruk.
  3. Setelah daun jeruk dan serai layu masukkan ayamnya tumis sampai bumbunya mnyatu dngan ayam.
  4. Setelah itu masukkan 300 ml air putih sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih masukkan santannya aduk sebentar lalu masak dgn api kecil tunggu sampai 45 menit.
  6. Setelah hampir masak masukkan garam, kaldu dan gula serta kelapa & ketumbar yg sudah dihaluskan lalu tes rasa, selesaii.

Maka tak heran jika makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Sebelum mulai memasak, kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat Biasanya, opor ayam identik dengan ketupat atau lontong saat penyajian. Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam ala orang batak/medan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!