Resep Opor Ayam, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Opor Ayam, Bisa Manjain Lidah

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Resep Opor Ayam, Bisa Manjain Lidah Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan opor ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Opor Ayam:

  1. Siapkan 1/4 ayam potong (ayam kampung lebih enak).
  2. Gunakan 5 lembar daun jeruk.
  3. Sediakan 2 lembar daun salam.
  4. Sediakan 1 batang serai.
  5. Gunakan 1 jempol lengkuas (saya ga pake).
  6. Sediakan Bumbu halus.
  7. Siapkan 6 siung bawang merah.
  8. Ambil 2 siung bawang putih.
  9. Siapkan 4 buah kemiri.
  10. Gunakan 2 sdt ketumbar bubuk.
  11. Sediakan 1 ruas jahe.
  12. Gunakan 1 ruas kunyit.
  13. Siapkan Penyedap :.
  14. Sediakan 2 sdt gula pasir.
  15. Gunakan 2 sdt kaldu jamur bubuk.
  16. Siapkan 1 sdt garam.
  17. Gunakan 1/2 sdt lada.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Puding coklat (tanpa telur) Anti Gagal

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Cara membuat Opor Ayam:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Cuci bersih ayam, lalu kucuri dengan jeruk nipis, rebus sampai sebentar, buang airnya.
  3. Blender bumbu halus dan cairkan 1 bks santan instan dgn 100 ml air.
  4. Tumis bumbu sampai harum, (tidak bau langu) lalu masukan santan dan ayam dan beri air secukupnya.
  5. Masak sampai mendidih dan tambahkan penyedap (lada, garam, gula dan kaldu bubuk) masak sampai air menyusut sebagian dan jgn lupa test rasa.
  6. Lebih sedap taburi bawang goreng dan sajikan dgn nasi hangat ?.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!