Resep Palai Balado tongkol Anti Gagal

Diposting pada
Resep Palai Balado tongkol Anti Gagal

Palai Balado tongkol. Lihat juga resep Tongkol Balado enak lainnya. Ikan tongkol balado terbuat dari ikan tongkol, cabai merah, bawang merah, jahe, dan jeruk nipis. KOMPAS.com – Ikan tongkol menjadi salah satu jenis ikan yang mudah ditemui di pasar tradisional.

Resep Palai Balado tongkol Anti Gagal Sajian ikan tongkol goreng sambal balado adalah salah satu menu hidangan utama yang enak dan sedap. Selain enak, hidagan ini juga rupanya cukup mudah dibuat dirumah. Balado sendiri merupakan resep masakan rumahan yang sangat mudah di buat dan tentunya disukai anggota Memasak balado tak sulit.

Anda sedang mencari ide resep palai balado tongkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal palai balado tongkol yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Tongkol Balado enak lainnya. Ikan tongkol balado terbuat dari ikan tongkol, cabai merah, bawang merah, jahe, dan jeruk nipis. KOMPAS.com – Ikan tongkol menjadi salah satu jenis ikan yang mudah ditemui di pasar tradisional.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari palai balado tongkol, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan palai balado tongkol yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat palai balado tongkol yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Palai Balado tongkol memakai 13 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Palai Balado tongkol:

  1. Sediakan 1 ekor ikan tongkol segar (berat 500 gram).
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis.
  3. Sediakan 1 papan pete(ambil biji nya,iris/belah).
  4. Gunakan 2 buah tomat (iris dadu).
  5. Ambil Daun pisang (untuk membungkus).
  6. Sediakan 1 genggam daun kemangi.
  7. Sediakan 1 lembar daun kunyit(iris tipis).
  8. Sediakan 2 sdm cabe giling.
  9. Gunakan Bumbu halus.
  10. Siapkan 1 ruas kunyit.
  11. Gunakan 1 batang serei(ambil bagian putih nya saja).
  12. Siapkan 6 siung bawang putih.
  13. Gunakan 5 siung bawang merah.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Rendang ala Anak Kos Anti Gagal

Apalagi bahan yang digunakanny pun mudah didapatkannya. Resep Balado Ikan Tongkol Pedas Mantap dapat anda lihat pada video slide berikut ini. Ikan Tongkol Goreng Balado Rumah Makan Padang Bahan bahan -ikan tongkol potong bersihkan rebus. Resep ikan tongkol balado dengan sayur kacang panjang.

Langkah-langkah membuat Palai Balado tongkol:

  1. Cuci bersih ikan tongkol(punya saya sudah di potong dan di bersihkan dalem nya dr pasar)lalu lumuri dgn 1/2 bagian air jeruk nipis.sisihkan. siapkan semua bumbu. Lalu uleg bumbu halus nya.
  2. Masukkan bumbu halus dan cabe giling ke dlm wadah, tambhkan air jeruk nipis,daun kemangi,daun kunyit dan aduk hingga rata.
  3. Siapkan selembar daun pisang,taruh 2 potong ikan di atasnya lalu beri bumbu dan tmbhakn tomat dan pete lalu bungkus hingga rapat.
  4. Bungkus dgn menyematkan lidi di bagian dua ujungnya, lalu diamkan kurleb 30 menit agar bumbu meresap. Kemudian kukus mnggunakan api kecil hingga matang kurleb 30 menit.
  5. Agar rasa lebih nikmat dan palai lebih awet untuk di simpan,bakar di atas kompor hingga kedua sisi nya terbakar dan tdk mengandung air. Dan palai Balado tongkol siap di nikmati.

Ikan Tongkol – Banyak yang beranggapan bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama. Ikan tongkol memiliki berat dan ukuran yang lebih kecil daripada ikan tuna. Tongkol Balado is a type of hot and spicy bumbu (spice mixture) found in Minang cuisine of West Sumatra Balado sauce is made by stir frying ground red hot chili pepper with other spices. Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Masyarakat Indonesia lebih memilih mengonsumsi ikan tongkol dan cakalang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan palai balado tongkol yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!