Resep Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang) Anti Gagal

Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang). Masukkan labu, sayur labu siam, kacang panjang dan kecambah kedelai. Apabila sayur di atas telah cukup matang, segera masukkan sayur kangkung dan jagung manis. Masukkan asam jawa, tomat dan bawang merah goreng.

Resep Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang) Anti Gagal Daunnya pun beragam, ada yang lebar dan juga kecil. Nah, bayam berdaun lebar lebih cocok diolah jadi keripik atau rempeyek bayam. Sayur asem (sayur bening ala jatim).

Anda sedang mencari ide resep sayur bening kangkung (jangan asem pemalang) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur bening kangkung (jangan asem pemalang) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Masukkan labu, sayur labu siam, kacang panjang dan kecambah kedelai. Apabila sayur di atas telah cukup matang, segera masukkan sayur kangkung dan jagung manis. Masukkan asam jawa, tomat dan bawang merah goreng.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur bening kangkung (jangan asem pemalang), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur bening kangkung (jangan asem pemalang) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur bening kangkung (jangan asem pemalang) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang) memakai 13 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang):

  1. Siapkan 1 ikat kangkung (petiki daun dan batang mudanya, cuci bersih).
  2. Siapkan 1 buah labu siam (cuci bersih, potong2 sesuai selera).
  3. Sediakan 1 buah wortel (cuci bersih, potong2 sesuai selera).
  4. Gunakan 1 buah tomat (potong 8 bagian).
  5. Ambil 3 butir bawang merah.
  6. Gunakan 2 siung bawang putih.
  7. Ambil 1 ruas jari lengkuas, geprek (skip, lagi ga ada).
  8. Ambil 1 lembar daun salam (skip, lagi ga ada).
  9. Sediakan 3 batang seledri.
  10. Siapkan 1 liter air.
  11. Gunakan 1/2 sdt garam /sesuai selera.
  12. Gunakan 1 sdt gula pasir /sesuai selera.
  13. Ambil 1 sdt kaldu jamur/sesuai selera.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Capcay Kuah Campur, Enak Banget

Lihat juga resep Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang) enak lainnya. Menu Sayur asem (sayur bening ala jatim) ini. Rasanya yang agak pedas, gurih, dan asem menjadi ciri khas masakan satu ini. Isinya pun ada beberapa jenis sayuran.

Langkah-langkah membuat Sayur Bening Kangkung (Jangan Asem Pemalang):

  1. Siapkan semua bahan, didihkan 1 liter air dalam panci, tambahkan bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam masak hingga mendidih.
  2. Masukkan labu siam dan wortel, masak hingga keduanya agak lunak, kalu masukkan kangkung.
  3. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu jamur, tambahkan irisan tomat dan seledri, aduk rata, koreksi rasa, bila rasanya sudah pas angkat, sajikan.

Masing-masing daerah memiliki sajian sayur asem yang khas. Namun, yang paling terkenal adalah sayur asem Jawa dan Betawi. Jangan mengira kalau semua sayur asem di setiap daerah itu sama ya, karena ternyata ada beberapa perbedaan, lho. Namun jangan salah, meskipun terlihat sederhana, sayur bening memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sayur bening bayam Sayur bening bayam atau bahasa jawa-nya 'jangan bening' adalah masakan rumahan khas Indonesia, khususnya di daerah Jawa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur bening kangkung (jangan asem pemalang) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!