Resep NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM) Anti Gagal

Diposting pada
Resep NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM) Anti Gagal

NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM).

Resep NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM) Anti Gagal

Sedang mencari inspirasi resep nasi mandi kambing (mandhi laham) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi mandi kambing (mandhi laham) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi mandi kambing (mandhi laham), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi mandi kambing (mandhi laham) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi mandi kambing (mandhi laham) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM) memakai 31 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM):

  1. Siapkan beras basmati (long grain).
  2. Ambil daging kambing tanpa tulang (me : paha utuh = 1500 gram).
  3. Siapkan daging kambing tulangan ( me : 1 paha utuh = 750 gram.
  4. Sediakan minyak samin / mentega (dibagi 2Xmasak).
  5. Gunakan air.
  6. Gunakan safron / pasta makanan merah / bubuk kunyit (me : skip).
  7. Siapkan santan instan (me : kara @65ml + 400 cc susu cair UHT).
  8. Gunakan kismis rendam air mendidih, tiriskan.
  9. Gunakan arang kayu dijadikan bara.
  10. Gunakan Bumbu halus (dibagi 2).
  11. Sediakan bawang Bombay.
  12. Siapkan bawang putih.
  13. Ambil jinten.
  14. Siapkan ketumbar.
  15. Sediakan lada hitam butiran.
  16. Gunakan garam (2 sdm garam untuk 1 kg beras).
  17. Gunakan penyedap rasa sapi.
  18. Siapkan Bumbu kering (dibagi 2).
  19. Sediakan kayu manis @5cm.
  20. Ambil pekak (bunga lawang).
  21. Gunakan kapulaga.
  22. Ambil cengkih.
  23. Sediakan biji pala.
  24. Ambil daun salam.
  25. Gunakan Bumbu Marinasi Kambing.
  26. Sediakan jeruk nipis.
  27. Siapkan bubuk kunyit bubuk.
  28. Siapkan bawang putih bubuk.
  29. Ambil ketumbar.
  30. Sediakan garam.
  31. Gunakan minyak goreng.

Langkah-langkah membuat NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM):

  1. Rendam beras dengan air + 1 sdm garam selama 30 menit tiriskan. Pisahkan bumbu dan bahan bumbu halus dibagi 2. Memasak terdiri 2 langkah memasak daging dan memasak nasi menggunakan komposisi bahan yang sama. Iris bawang putih dan bawang Bombay sangrai bumbu halus lada hitam butiran, ketumbar, jinten, haluskan..
  2. Memasak kambing : masukkan 5 sdm minyak samin tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai layu, masukkan bahan kering yang sudah dipisahkan tumis sampai harum masukkan bumbu halus. Masukkan daging paha kambing utuh aduk aduk bersama bumbu..
  3. Masukkan air hingga kambing terendam dengan sempurna. Dengan menggunakan panci presto kambing bisa dipresto selama 30 menit, dengan panci biasa untuk mendapatkan hasil olahan daging yang empuk disarankan memasak kambing dengan api kecil selama 60 – 120 menit. Siapkan bumbu marinasi kambing air perasan jeruk nipis, kunyit bubuk, bawang putih bubuk, ketumbar halus, garam serta minyak goreng..
  4. Setelah 30 menit matikan biarkan beberapa saat supaya uap di panci presto hilang angkat daging kambing pisahkan dengan kuah kaldunya, olesi daging kambing dengan bumbu marinasi. Panggang di oven dengan suhu 160° selama 40 menit (tergantung oven). Dalam pertengahan pemanggangan angkat olesi kembali dengan bumbu marinasi panggang kembali sampai matang..
  5. Siapkan arang dibuat bara, siapkan mangkuk stenlis yang dilapisi alumunium foil beri minyak goreng. Setelah daging matang angkat masukkan kedalam panci beri bara api arang yang diletakkan di mangkok tutup rapat supaya asap tidak keluar sampai asapnya habis (pengasapan)..
  6. Memasak nasi : lakukan hal yang sama seperti saat mulai memasak kambing dari menumis sampai memasukkan bahan halus. Tambahkan kuah kaldu hasil memasak daging kambing. Siapkan campuran santan instan dan susu cair UHT..
  7. Siapkan beras yang sudah yang sudah ditiriskan tuang air kaldu dan air campuran santan instan serta susu cair dengan jarak rendam air dengan beras 1 ruas jari agar nasi masak dengan sempurna. Tambahkan garam masak aduk aduk api jangan terlalu besar sedang saja, koreksi rasa setelah air berkurang (tinggal sedikit) matikan tutup pancinya supaya tanak. Kemudian kukus selama 40 menit (matang)..
  8. Hidangkan NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM). Tambahkan campuran kismis yang telah direndam air panas dan tiriskan. Lebih sempurna lagi jika disajikan dengan BUMBU ASAM / SAMBAL ARAB. Saya buat resep terpisah. Apabila ingin disajikan panas panas bisa dioven dengan ditutup aluminium foil selama 20 menit bawang Bombay iris akan layu enak dinikmatinya..
BARU  Resep Sate kambing empuk selembut kapas, Sempurna

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan NASI MANDI KAMBING (MANDHI LAHAM) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!