Bagaimana Menyiapkan Ayam Oven Gorontalo VersiKu, Lezat

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Ayam Oven Gorontalo VersiKu, Lezat

Ayam Oven Gorontalo VersiKu.

Bagaimana Menyiapkan Ayam Oven Gorontalo VersiKu, Lezat

Sedang mencari inspirasi resep ayam oven gorontalo versiku yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam oven gorontalo versiku yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam oven gorontalo versiku, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam oven gorontalo versiku yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam oven gorontalo versiku yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Oven Gorontalo VersiKu menggunakan 24 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam Oven Gorontalo VersiKu:

  1. Ambil 1 ekor ayam negri ukuran sedang.
  2. Ambil 750 ml santan.
  3. Gunakan Bumbu yang dihaluskan di sangrai dahulu.
  4. Siapkan 6 siung bawang merah.
  5. Sediakan 4 siung bawang putih.
  6. Gunakan 4 butir kemiri.
  7. Siapkan 1/2 sdt jinten.
  8. Ambil 4 butir kapulaga.
  9. Siapkan 1/2 sdt ketumbar.
  10. Siapkan 1/2 sdt lada.
  11. Ambil 1/2 sdt pala.
  12. Ambil 6 butir cenkeh.
  13. Gunakan 1 ruas kayu manis.
  14. Sediakan Bumbu tambahan.
  15. Gunakan 1 batang sere memarkan.
  16. Sediakan 1 ruas lengkuas memarkan.
  17. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  18. Ambil 2 lembar daun salam.
  19. Gunakan 1 sdt garam.
  20. Ambil 1 sdt penyedap rasa.
  21. Gunakan 1 sdt gula pasir.
  22. Gunakan 2 siung bawang merah iris-iris.
  23. Siapkan 2 siung bawang putih iris-iris.
  24. Sediakan 5 buah cabai rawit merah iris kasar.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Mie Ayam Ceker Anti Gagal

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Oven Gorontalo VersiKu:

  1. Siapkan bahan beserta bumbunya. Ayam belah dadanya tidak sampai terputus punggungnya. Ulek bumbu yang telah disangrai kemudian sisihkan..
  2. Siapkan penggorengan masak santan bersama daun salam, daun jeruk, sere dan lengkuas. Kemudian masukkan setengah bumbu yang dihaluskan. Masak hingga mendidih dan agak berminyak..
  3. Setelah agak berminyak masukkan garam, gula, dan penyedaprasa. Masukkan setengahnya lagi bumbu yang tersisa, aduk sebentar kemudian masukkan ayam masak 10menit pertama dan 10menit kedua dengan posisi ayam dibalik. Setelah santan agak menyusut dan berminyak, koreksi rasa bisa tambahkan garam sedikit bila kurang asin..
  4. Angkat ayam taruh pada loyang. Bumbu yang tersisa dimasukkan irisan bawang merah dan putih beserta cabai tumis sebentar dengan bumbu yang tersisa dipenggorengan. Lumuri ayam dengan bumbu yang telah ditumis bawang..
  5. Panggang ayam dengan cara dioven kurang lebih 10menit dengan suhu 180derajat dan agar bumbu semakin meresap dan agak kecoklatan pada bagian atas bumbu ayamnya..

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam oven gorontalo versiku yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!