Bagaimana Membuat Opor ayam putih yang Enak Banget

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor ayam putih yang Enak Banget

Opor ayam putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Bagaimana Membuat Opor ayam putih yang Enak Banget Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Sedang mencari ide resep opor ayam putih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam putih yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam putih, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan opor ayam putih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah opor ayam putih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor ayam putih memakai 14 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor ayam putih:

  1. Gunakan 500 gr paha ayam (ayam bebas ya).
  2. Ambil 250 ml Santan.
  3. Siapkan Sereh geprek.
  4. Ambil Laos geprek.
  5. Ambil Daun salam dan daun jeruk.
  6. Siapkan Bb halus :.
  7. Gunakan 10 siung bamer.
  8. Sediakan 5 siung baput.
  9. Gunakan 4 kemiri sangrai.
  10. Sediakan 1/4 sdt ketumbar.
  11. Sediakan 1/2 sdt lada.
  12. Ambil 1/4 sdt Jinten, 1/2 biji pala diparut.
  13. Gunakan 1 batang kayu manis,2 ruas jahe.
  14. Sediakan 1 bh Tomat merah (ak skip lupa hii).
BARU  Resep ??????? ?????? ?????, Sempurna

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Cara membuat Opor ayam putih:

  1. Rebus ayam lalu buang airnya (ini biar ga amis),haluskan bumbu.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu tuang kedalam panci yg sudah berisikan ayam yg td direbus.
  3. Masukkan santan dan tambahkan sedikit air,tambahkan penyedap rasa gula garam aduk rata,cek rasa angkat sajikan.

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia berupa ayam berkuah santan yang sangat terkenal di Di pulau Jawa umumnya opor ayam terdiri dari dua jenis, yaitu opor putih dan opor kuning. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor ayam putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!