Cara Gampang Membuat Opor Ayam Kuah Putih, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Opor Ayam Kuah Putih, Bisa Manjain Lidah

Opor Ayam Kuah Putih. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Kuah Putih, Bisa Manjain Lidah Anda bisa membuat opor ayam kuah kuning, opor ayam kuah Padang, hingga opor ayam kuah putih. Anda bisa menyesuaikan selera, akan memilih membuat Menariknya, opor ayam kuah putih ini bisa dikreasikan memakai bumbu khas Solo. Terdiri dari dua jenis sajian, yakni opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam kuah putih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kuah putih yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kuah putih, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan opor ayam kuah putih enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam kuah putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih menggunakan 15 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Ambil 1 lt air.
  2. Gunakan 1 kg ayam, cuci-rebus 5 mnt dlm air mendidih-bilas (saya: paha).
  3. Siapkan 100 gr bumbu dasar putih.
  4. Siapkan 1 sdm minyak utk menumis (saya: minyak bawang).
  5. Siapkan 3 lbr daun salam.
  6. Sediakan 2 lbr daun jeruk.
  7. Siapkan 1 btg sereh, digeprek.
  8. Ambil 1 ruas jahe, digeprek.
  9. Ambil 100 ml santan (saya: 65 ml santan instan + air).
  10. Ambil 1 sdm garam.
  11. Siapkan 2 sdt gula.
  12. Gunakan 1/2 sdt lada.
  13. Sediakan 1 tomat, potong 8 bagian.
  14. Sediakan Taburan.
  15. Siapkan 1 sdm bawang putih goreng.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Rendang ayam Anti Gagal

Berikut bumbu dan cara membuat opor ayam. Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi, daun salam, lengkuas dan Baca Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih. Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Siapkan bahan2nya terlebih dahulu..
  2. Didihkan air, masukkan ayam, tunggu sampai mendidih kembali..
  3. Sambil menunggu ayam direbus, panaskan bumbu dasar, tuang minyak, aduk rata. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh, dan jahe. Tumis hingga harum..
  4. Masukkan tumisan bumbu ke dlm rebusan ayam. Aduk rata. Tutup & masak sampai ayam empuk..
  5. Tuang santan, garam, dan gula. Aduk rata & koreksi rasa. Masak sebentar, lalu matikan kompor..
  6. Masukkan potongan tomat, aduk rata. Beri taburan bawang goreng. Sajikan..

Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Opor ayam ini menjadi menu Lebaran favorit bagi kamu khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, bahkan merah. Walaupun warna kuahnya berbeda-beda, tetapi rasanya tetap enak, kok!

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam kuah putih yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!