Resep Opor ayam putih Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor ayam putih Anti Gagal

Opor ayam putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Resep Opor ayam putih Anti Gagal Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam putih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam putih yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam putih, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan opor ayam putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam putih yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor ayam putih menggunakan 13 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor ayam putih:

  1. Sediakan 1 ekor ayam.
  2. Ambil 2 lembar Daun salam.
  3. Ambil 1 batang Sereh.
  4. Gunakan 2 lembar Daun jeruk.
  5. Gunakan 1 ruas Jahe, geprek.
  6. Siapkan 1 ruas Lengkuas, geprek.
  7. Gunakan 2 santan kara 65ml.
  8. Siapkan secukupnya Garam, gula, kaldu bubuk.
  9. Gunakan secukupnya Air.
  10. Gunakan Bumbu halus :.
  11. Sediakan 8 siung Bawang merah.
  12. Gunakan 4 siung Bawang putih.
  13. Sediakan 3 butir Kemiri.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Sederhana Anti Gagal

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Cara membuat Opor ayam putih:

  1. Siapkan bahan2 nya. Cuci bersih ayam, beri jeruk nipis, diamkan 5 menit, lalu cuci kembali..
  2. Haluskan bumbu nya. Lalu tumis bumbu hingga harum. Lalu masukan daun salam, sereh daun jeruk, jahe, lengkuas. Tumis kembali sampai harum..
  3. Masukkan ayam, tumis sebentar hingga ayam berubah warna..
  4. Lalu tambahkan air. Masak hingha air mendidih. Beri garam, gula, kaldu bubuk..
  5. Masukkan santan. Masak hingga ayam matang. Sambil diaduk ya, supaya santan tidak pecah..
  6. Test rasa lagi, jika dirasa sudah pas, matikaj kompor. Dan dapat di hidangkan..
  7. Taburi dengan bawang goreng. Selamat menikmati.

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia berupa ayam berkuah santan yang sangat terkenal di Di pulau Jawa umumnya opor ayam terdiri dari dua jenis, yaitu opor putih dan opor kuning. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam putih yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!