Cara Gampang Membuat Nasi Liwet Kembung yang Enak

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Nasi Liwet Kembung yang Enak

Nasi Liwet Kembung. Nasi liwet is an Indonesian dish rice dish cooked in coconut milk, chicken broth and spices, from Solo, Central Java, Indonesia. Common steamed rice is usually cooked in water. Nasi tim ikan kembung merupakan resep yang menyehatkan karena kaya akan nutrisi dan banyak manfaat untuk kesehatan.

Cara Gampang Membuat Nasi Liwet Kembung yang Enak Nasi liwet khas Sunda disajikan bersama lauk yang sudah bersatu dengan nasi. Lauk yang biasa melengkapinya adalah ikan asin peda merah, ikan kembung yang sudah dipindang, dilengkapi. Nasi liwet sendiri merupakan nasi gurih yang dimasak dengan kelapa seperti nasi uduk, biasanya nasi liwet disajikan dengan sayuran seperti labu siam, suwiran ayam serta areh (yaitu semacam bubur.

Lagi mencari ide resep nasi liwet kembung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi liwet kembung yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi liwet kembung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi liwet kembung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nasi liwet is an Indonesian dish rice dish cooked in coconut milk, chicken broth and spices, from Solo, Central Java, Indonesia. Common steamed rice is usually cooked in water. Nasi tim ikan kembung merupakan resep yang menyehatkan karena kaya akan nutrisi dan banyak manfaat untuk kesehatan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi liwet kembung yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Liwet Kembung memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Liwet Kembung:

  1. Ambil 2 ekor ikan asin kembung/peda.
  2. Ambil 4 cup mejicom beras.
  3. Ambil 7 cup air(sesuai in dengan jenis beras).
  4. Siapkan 5 bh bawang merah.
  5. Ambil 3 siung bawnag putih.
  6. Ambil 2 lembar salam.
  7. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  8. Ambil 1 batang sereh.
  9. Sediakan Secukuonya garam.
  10. Siapkan 3 sdm minyak goreng.
  11. Ambil Sesuai selera cabe rawit.
  12. Sediakan Sesuai selera petai.
  13. Sediakan sesuai selera Lauk pelengkap.
BARU  Resep Okonomiyaki rumahan yang Lezat Sekali

Olahan Nasi Liwet – Bagaimana Cara membuat Nasi liwet Yang enak Dan lezat Ala Kampungan di tengah Sawah – Bagi sebagian orang nasi liwet merupankan jenis masakan yang aneh karena belum. Nasi liwet (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦭꦶꦮꦼꦠ꧀, translit. Sega Liwet) adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam.

Cara membuat Nasi Liwet Kembung:

  1. Cuci ikna asin dan rendam dengna 1 sdm garam selma 30menit, tiriskan dan goreng..
  2. Dengan sisa minyak, tumis bawang merah, bawang putih, salam sereh dan daun jeruk. Tumis smp hatum..
  3. Cuci beras dan masak dengan air smp mendidih. Masukkan tumisan bawang dan masak smp sat..
  4. Kukus selama 30menit..
  5. Setelah 30menit, masukkna cabai rawit, petai dan ikan goreng. Kukus lagi smp tanak sekitar 10menit..
  6. Sajikan dengan lauk sesuai selera..

Nasi liwet merupakan nasi gurih mirip seperti nasi uduk yang dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah. Biasanya disajikan bersama suwiran daging ayam dan areh semacam bubur gurih yang. Tidak hanya nasinya saja yang dimasak, pada nasi liwet khas Sunda, lauk pun ikut dimasak bersamaan dengan nasi. Sebut saja pindang ikan kembung, ikan peda merah, atau ikan asin. "Nasi liwet di Sunda tujuannya penghematan, beda sama di Jawa. Karena orang sunda dulu makan nasi sama ikan Seperti ikan peda merah, ikan kembung yang sudah dipindang, bisa juga ikan asin.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi liwet kembung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!