Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur, Bikin Ngiler

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur, Bikin Ngiler

Sayur Asem Khas Jawa Timur. Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas. Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya.

Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur, Bikin Ngiler Assalamualaikum teman- temanKali ini saya akan berbagi resep #sayur asem koroAla dapur Azizah. Untuk isinya bebas mau pake apa saja. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem.

Lagi mencari ide resep sayur asem khas jawa timur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem khas jawa timur yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem khas jawa timur, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asem khas jawa timur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas. Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem khas jawa timur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur menggunakan 12 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur:

  1. Siapkan 10 lonjor kacang panjang (potong potong).
  2. Siapkan 1 buah jagung manis ( potong potong kecil.
  3. Gunakan 1 plastik kecil asem.
  4. Ambil 2 buah Timun krai (potong kecil).
  5. Sediakan 1 buah tomat (belah jadi 4 & buang bijinya).
  6. Siapkan 2 liter air.
  7. Gunakan 1 potong lengkuas.
  8. Siapkan secukupnya Garam, gula.
  9. Ambil Bumbu di haluskan :.
  10. Siapkan 7 siung bawang merah.
  11. Gunakan 3 buah kemiri.
  12. Siapkan 1 buah cabe merah (buang biji nya).
BARU  Cara Gampang Membuat Oseng gambas/emes toge teri medan yang Bisa Manjain Lidah

Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Sama dengan sayur asem lainnya, sayur asem khas Jawa Timur ini pun memiliki cita rasa yang begitu enak dan pastinya akan menggugah selera.

Cara menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur:

  1. Siapkan semua bahan bahan ini..
  2. Didihkan 2 liter air lalu masukkan jagung manis. Masak hingga jagung matang (sekitar 5 menit)..
  3. Blender bumbu halus lalu sisihkan dahulu. Sambil kita siapkan asem di rendam air panas sekitar 5 menit lalu saring..
  4. Kita lihat lagi jagung manis yg didihkan td kalau sudah matang bisa lanjut di masukkan kacang panjang dan Krai nya. Tunggu hingga empuk.
  5. Terakhir masukkan Lengkuas, tomat, bumbu halus dan asem lalu tambahkan garam dan gula dan koreksi rasa nya..

Kuah yang dicampur dengan rempah dan komposisi bumbu yang khas membuat hidangan sayur yang satu ini menjadi lebih istimewa. Sensasi asam dari kuahnya pun akan menyegarkan kita. Ciri khas dari sayur asem Jawa Timur adalah menggunakan kangkung dan mentimun krai. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat sayur asem khas Jawa Timur yang mantap dan segar, berikut resepnya. Lihat juga resep Sayur Bening khas Jawa Timur enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asem Khas Jawa Timur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!