Resep Opor Ayam Putih, Sempurna

Diposting pada
Resep Opor Ayam Putih, Sempurna

Opor Ayam Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Resep Opor Ayam Putih, Sempurna Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam putih yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam putih, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam putih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Putih menggunakan 27 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Opor Ayam Putih:

  1. Sediakan Bahan :.
  2. Siapkan 12 potong ayam.
  3. Gunakan 5 tahu goreng.
  4. Ambil Jeruk nipis.
  5. Siapkan Seruas jahe geprek.
  6. Sediakan Bumbu Halus :.
  7. Sediakan 7 siung bawang merah.
  8. Ambil 5 siung bawang putih.
  9. Siapkan 3 butir kemiri.
  10. Gunakan 3 cm lengkuas.
  11. Gunakan 2 cm jahe.
  12. Sediakan 1 sdt ketumbar biji.
  13. Ambil 2 butir kapulaga.
  14. Siapkan Sejumput pala.
  15. Sediakan Sejumput merica bubuk.
  16. Gunakan Sejumput jinten bubuk.
  17. Gunakan Bahan lain :.
  18. Ambil 1000 ml santan cair (sesuai selera).
  19. Gunakan 1/2 bks santan kara.
  20. Sediakan 3 helai daun jeruk.
  21. Sediakan 3 helai daun salam.
  22. Ambil 2 helai sereh.
  23. Sediakan 1/2 papan kecil gula merah.
  24. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk rasa ayam.
  25. Gunakan Secukupnya garam.
  26. Ambil Minyak untuk menumis.
  27. Gunakan Bawang goreng untuk taburan.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nugget ayam (edisi 2 ?), Lezat Sekali

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Putih:

  1. Cuci bersih ayam kemudian kuciri jeruk nipis. Diamkan beberapa saat kemudian cuci kembali. Sisihkan. Rebus ayam dengan jahe yang sudah di geprek. Buang air rebusan sisihkan ayam (kebetulan saya ada tahu goreng jadi sekalian di masak).
  2. Haluskan semua bumbu halus. Sampai benar benar halus (saya menggunakan blender yang diberi air sedikit). Siapkan juga bahan yang lain. Sisihkan..
  3. Tumis bumbu halus dengan minyak sampai matang dan wangi (biar tidak langu) kemudian masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh. Masukkan ayam kemudian aduk aduk beri santan cair tunggu sampai mendidih (saya samapi agak menyusut santannya).
  4. Masukkan santan kara aduk aduk kembali jangan sampai pecah ya. Beri garam, gula merah dan kaldu bubuk. Masak sampai bumbu meresap kedalam ayam. Kaldu atau kuah opor disesuaikan aja mau banyak atau nyemek ya mom (saya lebih suka tidak encer seperi di gambar) Koreksi rasa. Sajikan dengan taburan ayam goreng. Serasa lebaran ya mom. Enak mom ??.

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia berupa ayam berkuah santan yang sangat terkenal di Di pulau Jawa umumnya opor ayam terdiri dari dua jenis, yaitu opor putih dan opor kuning. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam putih yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!