Resep Ayam Opor Putih yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Ayam Opor Putih yang Bisa Manjain Lidah

Ayam Opor Putih. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini.

Resep Ayam Opor Putih yang Bisa Manjain Lidah Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Sedang mencari inspirasi resep ayam opor putih yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam opor putih yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam opor putih, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam opor putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam opor putih yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Opor Putih menggunakan 22 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Opor Putih:

  1. Siapkan 4 potong Paha ayam.
  2. Ambil 2 sdm Air jeruk nipis (untuk melumuri ayam).
  3. Gunakan 1 sdt Garam (untuk melumuri ayam).
  4. Siapkan 500 ml Santan encer.
  5. Siapkan 100 ml Santan kental.
  6. Sediakan 1 batang Sereh, pilih yang besar, geprek.
  7. Siapkan 1 jempol Lengkuas, geprek.
  8. Sediakan 1 lembar Daun salam, remas.
  9. Siapkan 1/2 kuntum Bunga lawang/pekak.
  10. Gunakan 1 sdt Garam.
  11. Siapkan 1 sdt Gula pasir.
  12. Ambil Secukupnya Kaldu bubuk.
  13. Siapkan Secukupnya minyak untuk menumis.
  14. Sediakan Bahan bumbu :.
  15. Sediakan 6 buah Bawang merah.
  16. Sediakan 3 siung Bawang putih.
  17. Gunakan 3 butir Kemiri utuh.
  18. Ambil 1 sdt Ketumbar butiran.
  19. Sediakan 1/2 sdt Merica butiran.
  20. Gunakan 1/4 butir Biji pala.
  21. Gunakan 1/8 sdt Jinten (sekitar sejumput).
  22. Sediakan 1 ruas telunjuk Jahe.
BARU  Resep Ca Sawi Ayam Saus Tiram, Bikin Ngiler

Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Langkah-langkah membuat Ayam Opor Putih:

  1. Setelah ayam dicuci, lumuri ayam dengan air jeruk nipis + 1 sdt Garam sambil di remas-remas dan digosok. Istirahatkan 15-30 menit lalu cuci kembali. Sisihkan..
  2. Siapkan bahan bumbu, haluskan..
  3. Panaskan minyak secukupnya, tumis lengkuas, daun salam, bunga lawang dan sereh sebentar lalu susul bumbu halus, tumis sampai bumbu matang dan wangi..
  4. Masukkan ayam aduk-aduk sampai ayam kaku dan berubah warna/pucat..
  5. Tuang santan encer, dan bumbui garam, gula pasir dan kaldu bubuk..
  6. Masak sampai cairan menyusut tinggal setengahnya dan ayam matang..
  7. Tuang santan kental, masak sambil trus diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Setelah mendidih kembali, koreksi rasa dan matikan api..
  8. Sajikan..

Selain cocok untuk teman ketupat, opor ayam memang punya citarasa yang asin gurih dan banyak disukai orang. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya. Asal bumbunya pas, opor ayam putih buatan kamu tidak mungkin. Sajikan opor ayam dengan taburan bawang goreng dan ketupat.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Opor Putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!