Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Enak Banget

Opor Ayam Kuah Putih. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Enak Banget Anda bisa membuat opor ayam kuah kuning, opor ayam kuah Padang, hingga opor ayam kuah putih. Anda bisa menyesuaikan selera, akan memilih membuat Menariknya, opor ayam kuah putih ini bisa dikreasikan memakai bumbu khas Solo. Terdiri dari dua jenis sajian, yakni opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Sedang mencari ide resep opor ayam kuah putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kuah putih yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah putih, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kuah putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam kuah putih sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuah Putih menggunakan 14 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Siapkan 1/2 kg ayam (potong dan cuci bersih).
  2. Siapkan 1 buah wortel (kupas dan potong kecil – kecil).
  3. Siapkan 120 ml santan (2bks santan instan).
  4. Gunakan Secukupnya gula pasir, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk.
  5. Siapkan 3 lembar daun salam.
  6. Siapkan 2 ruas jari lengkuas.
  7. Ambil 3 lembar daun jeruk (aku ganti serbuk daun jeruk 1/2 sdt).
  8. Siapkan Secukupnya minyak goreng untuk menumis bumbu.
  9. Siapkan Secukupnya air.
  10. Gunakan Bumbu halus :.
  11. Ambil 6 butir bawang merah.
  12. Ambil 4 siung bawang putih.
  13. Siapkan 4 keping kemiri.
  14. Sediakan 1 sdt ketumbar.
BARU  Bagaimana Membuat Ayam Pop Anti Gagal

Berikut bumbu dan cara membuat opor ayam. Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi, daun salam, lengkuas dan Baca Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih. Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui.

Cara menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Siapkan bahan…
  2. Goreng ayam sebentar saja hingga berkulit, angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan daun salam, lengkuas dan serbuk daun jeruk..aduk rata kemudian masukan ayam aduk lagi…
  4. Tambahkan air dan wortel biarkan mendidih…
  5. Kecilkan api, lalu masukkan santan.. aduk rata, tambahkan gula, garam, kaldu bubuk dan lada bubuk aduk lagi hingga mendidih jangan lupa cek rasa. Sajikan…

Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Opor ayam ini menjadi menu Lebaran favorit bagi kamu khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, bahkan merah. Walaupun warna kuahnya berbeda-beda, tetapi rasanya tetap enak, kok!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam kuah putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!