Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih, Lezat Sekali

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih, Lezat Sekali

Opor Ayam Kuah Putih. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih, Lezat Sekali Anda bisa membuat opor ayam kuah kuning, opor ayam kuah Padang, hingga opor ayam kuah putih. Anda bisa menyesuaikan selera, akan memilih membuat Menariknya, opor ayam kuah putih ini bisa dikreasikan memakai bumbu khas Solo. Terdiri dari dua jenis sajian, yakni opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Sedang mencari ide resep opor ayam kuah putih yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kuah putih yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kuah putih, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam kuah putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam kuah putih sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih memakai 17 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Sediakan 1 kg ayam (potong sedang).
  2. Siapkan 1 ruas lengkuas (digeprek).
  3. Ambil 2 lembar daun salam.
  4. Sediakan 2 batang sereh.
  5. Siapkan secukupnya Garam.
  6. Sediakan secukupnya Gula pasir.
  7. Siapkan secukupnya Gula merah.
  8. Gunakan Asam kandis/asam jawa (sesuai selera).
  9. Ambil 2 bungkus santan kara.
  10. Gunakan 6 gelas air (atau sesuai selera).
  11. Siapkan Bumbu halus :.
  12. Siapkan 8 siung bawang merah.
  13. Siapkan 5 siung bawang putih.
  14. Ambil 1/2 bungkus ladaku (sesuai selera).
  15. Sediakan 2 butir kemiri.
  16. Siapkan 1 ruas kecil jahe (ukuran 2/5cm).
  17. Gunakan secukupnya Ketumbar bubuk.
BARU  Resep Puding Alpukat coklat yang Bikin Ngiler

Berikut bumbu dan cara membuat opor ayam. Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, terasi, daun salam, lengkuas dan Baca Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih. Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui.

Cara menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:

  1. Bersihkan ayam, potong sedang, lalu rebus sebentar dan tiriskan. (Khusus ayam potong, rebusan air pertama dibuang)..
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang, lalu masukkan ayam, lengkuas, sereh, salam dan asam kandis/asam jawa, garam, gula pasir dan gula merah (tutup sebentar)..
  3. Tambahkan air, santan (untuk santan dilarutkan dengan sedikit air panas terlebih dahulu), masak hingga matang lalu angkat..

Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Opor ayam ini menjadi menu Lebaran favorit bagi kamu khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Ada opor ayam kuah kuning, putih, bahkan merah. Walaupun warna kuahnya berbeda-beda, tetapi rasanya tetap enak, kok!

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Kuah Putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!