Resep Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering, Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering, Menggugah Selera

Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan Opor ayam ada yang memiliki kuah berwarna kuning. Warna yang khas ini dihasilkan oleh kunyit.

Resep Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering, Menggugah Selera Anda bisa membuat opor ayam kuah kuning, opor ayam kuah Padang, hingga opor ayam kuah putih. Anda bisa menyesuaikan selera, akan memilih membuat Menariknya, opor ayam kuah putih ini bisa dikreasikan memakai bumbu khas Solo. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam kampung kuah putih kering yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung kuah putih kering yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kampung kuah putih kering, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kampung kuah putih kering yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan Opor ayam ada yang memiliki kuah berwarna kuning. Warna yang khas ini dihasilkan oleh kunyit.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam kampung kuah putih kering yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering menggunakan 17 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering:

  1. Siapkan 1 kg Ayam Kampung.
  2. Sediakan 3 lembar Daun Salam.
  3. Gunakan 2 batang Sereh.
  4. Siapkan 1 ruas Jahe.
  5. Sediakan 1 ruas Lengkuas.
  6. Sediakan 1 bungkus Santan Kara.
  7. Ambil Secukupnya Susu Kental Manis Putih.
  8. Gunakan Secukupnya Garam.
  9. Gunakan Secukupnya Gula.
  10. Ambil Secukupnya Bumbu Penyedap Rasa.
  11. Ambil Bumbu Halus.
  12. Gunakan 5 siung Bawang Merah.
  13. Sediakan 5 siung Bawang Putih.
  14. Ambil 1 sdm Merica.
  15. Ambil 1 sdm Ketumbar.
  16. Ambil 13 butir Kemiri.
  17. Gunakan Sedikit Pala.

Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan Biasanya, opor ayam identik dengan ketupat atau lontong saat penyajian. Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan. Opor ayam tidak hanya disajikan untuk Lebaran. Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam kampung tentu rasanya akan lebih maknyus karena kaldunya lebih paten dan kental.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Ayam mandi Teriyaki Anti Gagal

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kampung Kuah Putih Kering:

  1. Siapkan bahan-bahan diatas. Cuci terlebih dahulu ayam dan beri sedikit cuka untuk menghilangkan bau amis. Lalu cuci lagi hingga bersih..
  2. Siapkan bahan bumbu. Blender bumbu dengan sedikit air hingga halus..
  3. Tumis bumbu hingga harum..
  4. Masukkan daun salam, sereh, jahe dan lengkuas..
  5. Masukkan ayam dan aduk hingga rata..
  6. Tambahkan air hingga ayam hampir tercelup agar bumbunya menyerap pada ayam. Tambahkan garam, gula dan bumbu penyedap rasa..
  7. Kalau ayamnya tua, bisa dipresto dulu biar empuk. Tapi kalau muda skip saja langkah ini. Presto dengan sedikit air opor tadi lalu tambahkan air biasa..
  8. Setelah 15 menit di presto, saya pindahkan lagi ke wajan yang berisi air opor tadi untuk melanjutkan memasaknya..
  9. Tambahkan santan dan susu kental manis sedikit saja. Maksud ditambah susu agar santannya tidak pecah.
  10. Koreksi rasa. Lalu diamkan hingga bumbu meresap dan air mulai menyusut..
  11. Opor ayam kampung kuah putih kerimg siap disajikan..

Apalagi ayam kampung yang lagi bertelor pasti rasanya lebih wah. Cara Membuat Opor Ayam – Resep Masakan Opor Ayam pasti sudah tidak asing lagi bagi kita Beberapa diantaranya adalah resep Opor Ayam Kering, Opor Ayam Kuning, dan Opor Ayam Untuk yang memakai kuah akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama ketupat atau juga bisa. Untuk resep soto ayam bisa menggunakan ayam kampung, tapi bisa juga menggunakan ayam sayur atau ayam Lengkapi dengan lauk kering sesuai selera untuk penyajian soto ayam kuah kuning yang komplit. Demikian artikel mengenai Resep Soto Ayam Kuah Kuning Homemade dengan proses. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam kampung kuah putih kering yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!