Bagaimana Membuat Opor ayam putih Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor ayam putih Anti Gagal

Opor ayam putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Bagaimana Membuat Opor ayam putih Anti Gagal Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam putih yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam putih yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam putih, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam putih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor ayam putih memakai 17 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor ayam putih:

  1. Sediakan 1 Ekor Daging ayam (bisa di potong sesuai selera).
  2. Siapkan 5 siung Bawang merah.
  3. Gunakan 5 siung Bawang putih.
  4. Sediakan 1 sdm Ketumbar (di sangrai).
  5. Gunakan 5 Buah Kemiri (di sangrai).
  6. Siapkan 3 cm Jahe.
  7. Siapkan 1 btg Sereh (di geprek).
  8. Ambil 3 Cm Lengkuas (di geprek).
  9. Siapkan 1 sdt Merica.
  10. Ambil 1/2 sdt Gula pasir.
  11. Ambil 2 Lembar Daun salam.
  12. Sediakan 2 Lembar Daun jeruk.
  13. Ambil 3 sdm Minyak goreng.
  14. Ambil 250 ml Santan kental.
  15. Siapkan 2 Liter Air.
  16. Sediakan Secukupnya Garam.
  17. Sediakan Secukupnya Kaldu bubuk ayam.
BARU  Cara Gampang Membuat Nasi mentai ayam udang (using oven) Anti Gagal

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Cara membuat Opor ayam putih:

  1. Cuci bersih ayam dan tiriskan..
  2. Didihkan 1 liter air sampai mendidih lalu rebus ayam -+15 menit dan siap diangkat..
  3. Kemudian kita buat bumbu halus bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri dan jahe bisa di ulek ataupun di blender..
  4. Selanjutnya kita masukkan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu halus, lengkuas, sereh, salam dan daun jeruk tumis sampai harum..
  5. Berikutnya tuangkan kembali 1 liter air masukkan santan kental dan ayam yang sudah di rwbus tadi..
  6. Masak sambil di aduk pelan agar santan tidak pecah lalu masukkan juga garam, kaldu bubuk dan gula pasir..
  7. Yang terakhir masak sampai ayam empuk dan santan mengental,opor ayam siap di hidangkan. NOTE : Bisa diberi taburan bawang goreng kalau suka biar tambah harum ini aq tidak di beri taburan bawang goreng karena keponakan aku tidak suka..

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia berupa ayam berkuah santan yang sangat terkenal di Di pulau Jawa umumnya opor ayam terdiri dari dua jenis, yaitu opor putih dan opor kuning. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam putih yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!