Resep Karipap Comel Sambal Matah sayur, Lezat

Diposting pada

Karipap Comel Sambal Matah sayur. Cara membuat sambal matah ala Bali, mudah dibuat dan bahannya sederhana. Sambal matah menjadi salah satu komponen dalam sajian ini. Kamu juga bisa menikmati sambal matah sebagai makanan pendamping ikan bakar, ayam goreng dan aneka lauk lain.

Resep Karipap Comel Sambal Matah sayur, Lezat Sambal sira dalam resepi ini ialah sambal/kuah yang digaul. Kami hadirkan beberapa resep sambal matah seperti sambal matah Bali, sambal matah kecombrang, sambal matah petai, sambal matah mangga dan sambal matah tongkol suwir. Rasanya yang pedas gurih sangat cocok dijadikan sebagai menu pelengkap makan anda.

Anda sedang mencari ide resep karipap comel sambal matah sayur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal karipap comel sambal matah sayur yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara membuat sambal matah ala Bali, mudah dibuat dan bahannya sederhana. Sambal matah menjadi salah satu komponen dalam sajian ini. Kamu juga bisa menikmati sambal matah sebagai makanan pendamping ikan bakar, ayam goreng dan aneka lauk lain.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari karipap comel sambal matah sayur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan karipap comel sambal matah sayur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat karipap comel sambal matah sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Karipap Comel Sambal Matah sayur menggunakan 20 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Karipap Comel Sambal Matah sayur:

  1. Sediakan ☘️Bahan Kulit Karipap.
  2. Gunakan 250 gr tepung terigu prot sedang.
  3. Sediakan 1/2 sdt garam.
  4. Gunakan 1 sdt gula pasir.
  5. Ambil 70 gr margarine/mentega.
  6. Gunakan 1 sdt bubuk bawang putih,resep bs di klik disini(bs skip) (lihat resep).
  7. Ambil 100 ml air dingin.
  8. Siapkan ☘️Bahan isi :.
  9. Ambil 1 buah wortel potong kotak kecil kecil.
  10. Sediakan 3 sdm jagung pipil.
  11. Sediakan 6 cabe rawit iris tipis2.
  12. Ambil 2 cabe besar iris tipis2.
  13. Siapkan 2 siung bawang putih,iris tipis2.
  14. Ambil 2 siung bawang merah,iris tipis2.
  15. Gunakan 2 lonjor sereh muda,iris2 tipis.
  16. Siapkan 1/2 sdt peres garam.
  17. Gunakan 1 sdt peres gula pasir.
  18. Ambil 1/2 sdt peres terasi matang.
  19. Sediakan Seujung sdt bubuk kaldu.
  20. Gunakan 1 butir telur rebus di iris tipis jadi 10 bagian.

Sambal Matah Recipe, an Indonesian raw, spicy shallot and chilli salsa or condiment from the island of Bali. So Sambal Matah is just one of a gazillion spicy condiments, salsas and chilli pastes found in South East Asia. It is raw and reminds me of the Mexican Pico de Gallo or Salsa Fresca. Siapa yang doyan banget makan pedas?

BARU  Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asem rumahan ~, Sempurna

Langkah-langkah menyiapkan Karipap Comel Sambal Matah sayur:

  1. Buat kulit karipap nya. Campur jadi satu terigu,garam, gula,bubuk bawang putih aduk rata lalu beri margarine, aduk dan tekan2 menggunakan garpu sampai hasilnya bergerindil seperti pasir..
  2. Lalu tuang dng air dingin sedikit demi sedikit sambil di campur dan diuleni.hentikan pemberian air bila sdh tercampur rata dan kalis. Sy pergunakan ukuran air tersebut sdh pas.adonan tercampur rata dan kalis. Bulatkan lalu bungkus dng plastik warp atau tutup dng kain serbet diamkan 30 menit. Setelah itu timbang masing2 sebesar 40 gr. Adonan jadi 10 buah.tutup lagi dng plastik warp atau kain serbet rehatkan 15 menit.
  3. Buat sambal matah. Setelah semua di iris. Masukkan jadi satu irisan cabe rawit,cabe besar, baput, bamer dan sereh, beri garam,gula pasir,bubuk kaldu aduk aduk rata. Lalu panaskan wajan beri sedikit minyak masukkan terasi aduk sebentar lalu masukkan irisan sambal matah aduk2 rata lalu matikan api.sisihkan.panaskan lg wajan beri sedikit minyak goreng setelah panas masukkan jagung aduk2 sebentar,sedikit layu masukkan wortel.aduk aduk sebentar beri sedikit air 3-4 sdm tunggu sampe air menyusut.
  4. Lalu masukkan sambal matah aduk sebentar matikan api.pindah kedalam wadah..
  5. Ambil tutup truperware. Yg di buat cetak tutup bagian dalam.letakan 1 adonan karipap.lalu gilas fng rolling pin sampai rata tipisnya.jng terlalu tipis sekali yah..
  6. Lalu pindah ke kulit karipap yg sdh di siap di isi. Beri 1irisan telur dan 1 sdt sambal matah sayur lalu tangkupkan ke sisi bawah.tekan sisi satu sama lainnya lalu di pilin/jepit. Lakukan sampai habis.
  7. Goreng karipap dng minyak yg sdh panas lalu kecilkan api saat hendak menggoreng. Sekali balik yah. Apabila yg bawah sdh masak berwarna coklat balik.tunggu sampe sama2 berwarna coklat. Karipap comel sambal matah ini praktis tdk usah lagi menyiapkan saus sambal atau cabe buat oendamping.karena rasanya sudah pedas.dan kenyang makan satu karipap ini.enak banget dan bentuknya yg "comel"??????.

Setelah semua bahan siap, kamu bisa memilih sambal matah mentah atau matang. Jika lebih suka sambal mentah, campurkan semua bahan kecuali minyak goreng. Resep sambal matah – Hayo siapa nih yang doyan banget sama makanan serba pedas? Bagi Anda yang menyukai pedas, tentu sudah tidak asing lagi dong Sambal jenis ini bisa dibilang cukup hits loh! Ditambah lagi sambal matah kini hadir dalam beberapa jenis kuliner.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Karipap Comel Sambal Matah sayur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!