Bagaimana Menyiapkan Opor ayam putih, Enak

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Opor ayam putih, Enak

Opor ayam putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam putih, Enak Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam putih yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam putih, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam putih yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan opor ayam putih sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor ayam putih menggunakan 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Opor ayam putih:

  1. Siapkan 1 ekor ayam (saya pakai ayam kampung) potong2, ukuran sesuai selera.
  2. Ambil 2 batang sereh digeprek.
  3. Siapkan 3 lembar daun salam.
  4. Ambil Sejempol lengkuas, geprek.
  5. Gunakan 1200 ml santan encer dari 1 butir kelapa.
  6. Siapkan 200 ml santan kental.
  7. Sediakan 5 buah cabai rawit.
  8. Sediakan Bumbu halus:.
  9. Sediakan 10 siung bawang merah.
  10. Sediakan 4 siung bawang putih.
  11. Ambil 2 butir kemiri disangrai.
  12. Gunakan 1 sdm ketumbar disangrai.
  13. Gunakan 3 cm jahe.
  14. Siapkan 1/4 sdt jinten.
  15. Gunakan 1/4 sdt adas.
  16. Sediakan 1 sdt merica.
BARU  Bagaimana Membuat Onion rings yang Lezat Sekali

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Langkah-langkah menyiapkan Opor ayam putih:

  1. Goreng ayam yang sudah dipotong2. Goreng sebentar hingga kulit kecoklatan. Angkat lalu sisihkan.
  2. Tuang santan encer dalam wajan beserta bumbu halus, lengkuas, sereh, daun salam dan cabe. Rebus sekitar 10 menit sambil diaduk pelan agar santan tidak pecah.
  3. Masukkan ayam, beri garam gula. Tes rasa. Kecilkan api, masukkan santan kental. masak hingga ayam empuk, bumbu meresap dan kuah berminyak ?.

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia berupa ayam berkuah santan yang sangat terkenal di Di pulau Jawa umumnya opor ayam terdiri dari dua jenis, yaitu opor putih dan opor kuning. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor ayam putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!