Cara Gampang Membuat Opor Ayam Putih Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Opor Ayam Putih Anti Gagal

Opor Ayam Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Putih Anti Gagal Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam putih yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam putih, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam putih yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam putih yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Putih menggunakan 17 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Opor Ayam Putih:

  1. Gunakan ¹/₂ ekor ayam (8potong).
  2. Gunakan Bumbu Yang Dihaluskan :.
  3. Siapkan 5 siung bawang putih.
  4. Gunakan 6 siung bawang merah.
  5. Gunakan 3 butir kemiri.
  6. Ambil ¹/₂ sdt ketumbar.
  7. Sediakan 6 butir lada.
  8. Sediakan 1,5 cm lengkuas.
  9. Gunakan Bumbu Pelengkap :.
  10. Siapkan 2 lembar daun salam.
  11. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  12. Sediakan 1 batang sereh.
  13. Sediakan 3 bungkus santan kara 65ml.
  14. Siapkan secukupnya penyedap, garam.
  15. Siapkan 1 sdt gula pasir (skip).
  16. Ambil 1,2 liter air.
  17. Sediakan secukupnya bawang goreng untuk taburan.
BARU  Bagaimana Membuat 3.22 Overnight Oat Choco Stroberi yang Sempurna

Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Putih:

  1. Cuci bersih ayam, rebus sebentar dgn bawang putih, sereh, daun salam sampai mendidih. (Setelah itu, kalo saya digoreng dulu sebentar sekitar kurleb 1 menit ga usah sampe mateng digorengnya).
  2. Haluskan bumbu halusnya, lalu panaskan minyak. Masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkapnya, tumis hingga harum. Setelah itu tambahkan air (secukupnya/sesuai selera). Lalu masukkan ayam yg sudah disiapkan tadi. Tunggu hingga mendidih..
  3. Setelah matang, matikan api dan taburkan bawang goreng biar rasanya makin endess..

Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Opor ayam merupakan makanan khas Indonesia berupa ayam berkuah santan yang sangat terkenal di Di pulau Jawa umumnya opor ayam terdiri dari dua jenis, yaitu opor putih dan opor kuning. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!