Bagaimana Membuat Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan, Bisa Manjain Lidah

Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning.

Bagaimana Membuat Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan, Bisa Manjain Lidah Umroh.com – Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran. Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam (putih) #bikinramadanberkesan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam (putih) #bikinramadanberkesan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam (putih) #bikinramadanberkesan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan opor ayam (putih) #bikinramadanberkesan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah opor ayam (putih) #bikinramadanberkesan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan:

  1. Gunakan 1 kg ayam, potong2 (ayam kampung lebih yummy).
  2. Ambil 2 batang serai, memarkan.
  3. Gunakan 2 daun salam.
  4. Sediakan 4 daun jeruk.
  5. Sediakan 1 ltr santan (dari 1 butir kelapa).
  6. Sediakan 1/2 sdm garam.
  7. Sediakan 1/4 sdt lada bubuk.
  8. Siapkan Minyak goreng.
  9. Sediakan bumbu halus :.
  10. Gunakan 8 bawang merah.
  11. Ambil 4 bawang putih.
  12. Sediakan 5 kemiri goreng.
  13. Ambil 2 cm jahe.
  14. Siapkan 1/4 sdt jintan bubuk.
  15. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  16. Ambil NOTE : kalau ingin opor ayam kuning, tambahkan 5 cm kunyit tua.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Pop Padang yang Enak Banget

Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Kunyit adalah salah satu bahan masakan yang menghasilkan warna kuning. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja.

Cara membuat Opor Ayam (putih) #bikinramadanberkesan:

  1. Panaskan secukupnya minyak goreng. Tumis bumbu halus + salam + serai + dauk jeruk, sampai wangi + matang.
  2. Masukkan ayam, aduk rata bersama bumbu.
  3. Tuangi santan. Tambahkan garam + lada bubuk. Aduk2 supaya santan tidak pecah, gunakan api kecil.
  4. Setelah santan menyusut & mengental, matikan api.
  5. Sajikan hangat opor ayam dengan ketupat/lontong…

Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan bawang goreng. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam (putih) #bikinramadanberkesan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!