Resep Opor Ayam Tahu Putih yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Opor Ayam Tahu Putih yang Enak Banget

Opor Ayam Tahu Putih. Opor ayam tahu kuah putih. foto: Instagram/@susan_gracia. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Resep Opor Ayam Tahu Putih yang Enak Banget Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja.

Lagi mencari ide resep opor ayam tahu putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam tahu putih yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam tahu kuah putih. foto: Instagram/@susan_gracia. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam tahu putih, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan opor ayam tahu putih yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam tahu putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Tahu Putih memakai 17 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor Ayam Tahu Putih:

  1. Ambil 1/4 kg ayam potong.
  2. Ambil 1 pack tahu putih (isi 10 pcs).
  3. Gunakan 7 butir kemiri (utuh).
  4. Gunakan 6 siung Bawang merah.
  5. Sediakan 4 siung bawang putih.
  6. Gunakan 1 ruas kunyit.
  7. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  8. Ambil 1 ruas jahe.
  9. Sediakan 3 buah cabai jablai.
  10. Gunakan 1/4 sdt Merica.
  11. Ambil 1/2 sdt Ketumbar.
  12. Gunakan 1 batang sereh.
  13. Sediakan Kencur.
  14. Gunakan 1 batang pete (optional).
  15. Gunakan Garam.
  16. Ambil Gula.
  17. Gunakan Air.
BARU  Resep Burung puyuh Tangkap (adaptasi ayam tangkap khas Aceh) Anti Gagal

Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak. Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Proses Pembuatan Opor Ayam Paduan tahu Tempe.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Tahu Putih:

  1. Semula ayamnya diungkep dulu yah guys, bumbu ungkepnya gampang banget, yaitu: 2 siung bawang putih, 1sdt ketumbar di ulek dan 1 batang sereh di geprek. Jangan lupa kasih garam secukupnya. Kemudian oleskan pada ayam yang sudah dicuci bersih, kemudian tambahkan air sampai ayam terendam. Lalu rebus sampai mendidih, kemudian angkat..
  2. Cuci bersih semua bumbu. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kencur, kunyit, cabai, dan kemiri. Jahe, lengkuas dan serehnya di geprek aja..
  3. Tumis bumbu halus dan lengkuas ke dalam minyak. Tunggu sampai harum..
  4. Kemudian tambahkan air secukupnya, dan masukkan jahe serta sereh..
  5. Jika sudah agak mendidih, masukkan ayam dan tahu..
  6. Tunggu sampai mendidih, masukkan pete, lalu tambahkan garam dan gula..
  7. Cicipi, jika rasa sudah OK. Bisa diangkat yah. Opor ayam siap dinikmati..

Daging ayam di cuci bersih lalu di beri tetesan air jeruk nipis, kemudian di goreng hingga setengah matang. Persiapan Bahan Halus Opor Ayam Gurih. Resep opor ayam putih ini bukan hanya pada kuahnya aja, melainkan juga pada ayamnya, jadi si ayam yang mau di opor ini nggak digoreng dulu. Selain memakai tahu, variasi opor ayam juga memakai kentang, di mana semakin menambah rasa gurih dan enak dari opor ayam. Opor Ayam Tahu Istimewa Ala Reni Assalamualaikum bunda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam Tahu Putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!