Resep Opor Putih Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor Putih Anti Gagal

Opor Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Resep Opor Putih Anti Gagal Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Lagi mencari inspirasi resep opor putih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor putih yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor putih, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor putih yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor putih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Putih menggunakan 17 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Opor Putih:

  1. Gunakan 1/2 ekor Ayam di potong2.
  2. Gunakan 1 butir Telur.
  3. Ambil 65 ml Kara.
  4. Ambil 500 ml Air.
  5. Ambil 1 lbr Daun Salam.
  6. Gunakan 2 lbr Daun Jeruk.
  7. Siapkan 1/2 sdm Garam.
  8. Gunakan 1/2 sdm Gula Pasir.
  9. Sediakan 4 sdm Minyak untuk menumis.
  10. Gunakan 1 sdm Bawang Merah Goreng.
  11. Sediakan Bumbu Halus:.
  12. Siapkan 5 siung Bawang Putih.
  13. Siapkan 5 siung Bawang Merah.
  14. Ambil 4 bj Kemiri.
  15. Ambil 1 sdm Ketumbar.
  16. Sediakan 1/2 sdt Jintan.
  17. Sediakan 1/2 sdt Lada butiran.
BARU  Resep Rendang daging, Enak Banget

Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak.

Cara membuat Opor Putih:

  1. Panaskan Minyak, tumis Bumbu Halus sampai harum & matang, lalu masukan Ayam..aduk sampai Ayam berubah warna, lalu tuangi Air, Kara dan tambahkan Garam & Gula Pasir..aduk2 sampai mendidih dan bumbu meresap ke dalam Ayam.
  2. Kemudian ambil sedikit Kuah Opor..tuangkan ke Telur kocok..aduk rata..lalu tuang kembali ke wajan..aduk2 sebentar..matikan api ? selesai…sajikan dengan taburan Bawang Merah Goreng..

Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya. Asal bumbunya pas, opor ayam putih buatan kamu tidak mungkin. Resep Opor Ayam Putih, Sedap Disajikan dengan Nasi atau Lontong.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor Putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!