Bagaimana Membuat Nasi Uduk Ungu, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Bagaimana Membuat Nasi Uduk Ungu, Bisa Manjain Lidah

Nasi Uduk Ungu. Nasi uduk ungu adalah varian dari Nasi uduk yang berasal dari Kota Sukabumi. Warna ungu dari nasi uduk ini dihasilkan dari bahan pembuatannya yaitu buah Bit dan Ubi ungu. Terdapat juga alternatif warna lain seperti nasi uduk hijau.

Bagaimana Membuat Nasi Uduk Ungu, Bisa Manjain Lidah Nasi uduk is an Indonesian Betawi style steamed rice cooked in coconut milk dish, originally from Jakarta, that can be widely found across the country. Brilio.net – Nasi uduk jadi salah satu menu andalan masyarakat Indonesia. Rasanya menu satu ini hampir disukai semua orang.

Sedang mencari ide resep nasi uduk ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi uduk ungu yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi uduk ungu adalah varian dari Nasi uduk yang berasal dari Kota Sukabumi. Warna ungu dari nasi uduk ini dihasilkan dari bahan pembuatannya yaitu buah Bit dan Ubi ungu. Terdapat juga alternatif warna lain seperti nasi uduk hijau.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi uduk ungu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi uduk ungu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi uduk ungu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Uduk Ungu memakai 11 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Uduk Ungu:

  1. Gunakan 4 cup beras.
  2. Sediakan 1/2 kg ubi ungu.
  3. Ambil 2 lbr daun pandan.
  4. Ambil 2 bj serai, memarkan.
  5. Siapkan 2 cm laos memarkan.
  6. Siapkan 2 lbr daun salam.
  7. Siapkan 3 bawang putih.
  8. Gunakan 3 bawang merah.
  9. Ambil 1 sachet santan (90 ml).
  10. Gunakan 8 cup air.
  11. Siapkan secukupnya Garam.
BARU  Resep Okonomiyaki Homemade (asli enak) Anti Gagal

Nasi uduk juga cocok kalau disebut sebagai menunya orang Indonesia. ilustrasi kolase kuliner Nasi Uduk Ungu dan Nasi Uduk Hijau khas Sukabumi. COM – Sukabumi memang sudah lama terkenal dengan wisata kuliner yang sangat menggugah selera. Biasanya, nasi uduk memiliki lauk berupa ayam goreng, mi bihun, semur telur, hingga orek tempe. Cuci bersih beras, masukkan ke bowl magic com.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Uduk Ungu:

  1. Cuci bersih ubi dan kukus hingga matang..
  2. Cuci bersih beras kemudian masukkam daun pandan, daun salam, laos & serai..
  3. Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, lalu tumis hingga matang dan berbau harum. Masukkan ke dalam beras..
  4. Ubi yang telah matang di haluskan (bisa juga di blender & saring). Kemudian tambahkan ke dalam beras..
  5. Selanjutnya tambahkan santan & garam. Aduk rata. Kemudiam di masak dengan menggunakan rice cooker hingga matang. Selamat mencoba?.

Blender ubi ungu kukus bersama santan sampai lembut, masukkan ke bowl juga. Selain berwarna ungu, nasi uduk ini disajikan dalam bentuk yang unik sehingga memikat mata dan menarik perhatian. Warna ungu dari nasi ini bukan dihasilkan dari pewarna makana instan. Resep Nasi Uduk – Salah satu dari variasi nasi biasa yang memiliki banyak penggemar adalah nasi uduk. Selain rasa yang gurih nasi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi uduk ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!