Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Mandhi yang Enak Banget

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Mandhi yang Enak Banget

Nasi Mandhi.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Mandhi yang Enak Banget

Sedang mencari inspirasi resep nasi mandhi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi mandhi yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi mandhi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi mandhi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi mandhi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Nasi Mandhi menggunakan 15 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Mandhi:

  1. Gunakan beras basmati.
  2. Sediakan daging kambing.
  3. Sediakan bawang bombai cincang.
  4. Siapkan bawang putih cincang.
  5. Sediakan kapulaga hijau /India.
  6. Gunakan cengkeh.
  7. Sediakan lada hitam.
  8. Gunakan kayumanis ukuran 2 cm.
  9. Ambil bubuk rempah.
  10. Siapkan susu bubuk (2 saset dancow).
  11. Siapkan air asam jawa.
  12. Ambil margarin.
  13. Sediakan Saffron merah / orange,.
  14. Sediakan Gula, garam, kaldu bubuk.
  15. Gunakan bisa diganti pewarna kuning telor.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Mandhi:

  1. Cuci beras basmati hingga bersih. Rendam dengan air sekitar 30 menitan..
  2. Rebus daging hingga empuk. Sisihkan..
  3. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum dengan menggunakan margarin. Masukkan rempah2nya (kepulaga, cengkeh, kayumanis dan lada hitam). Aduk2 hingga wangi..
  4. Kemudian masukkan bubuk rempahnya. Masukkan pula susu bubuk dan air asam jawa. Aduk2. Masukkan 1500 mL air kaldu rebusan kambing. Kalau rebusannyanya kurang dari itu tinggal menambahkan air hingga 1500 mL. Tambahkan gula garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa..
  5. Ambil 500 mL kuahnya masukkan dalam wadah berisi daging kambing. Jadi sisa di panci tinggal 1000 mL ya..
  6. Masukkan beras basmatinya. Aduk2, biarkan hingga mendidih. Keciiilkan apinya dan tutup panci. Sebelum ditutup dengan penutupnya bisa dilapisi aluminium foil agar uap tidak keluar. Masak sekitar 20 menit. Atau bila bagian atas nasinya sudah terlihat bengkok2 dan sudah ga ada kuahnya. Matikan api..
  7. Untuk membuat gradasinya cukup masukkan Saffron ke dalam nasinya secara acak. Dan tutup kembali tutup pancinya. Nah kalau menggunakan pewarna makanan bisa dilarutkan dengan sedikit air dan dituangkan secara acak..
  8. Untuk daging kambingnya, rebus dengan kuah hingga bumbu meresap. Bisa diicip2 dulu. Saya masak sampai airnya hampir habis. Koreksi rasa. Finishing nya bisa digoreng atau dipanggang..
  9. Nasi mandhi siap disajikan..
BARU  Bagaimana Membuat Pedas manis daging kambing + daging sapi has dalam, Bisa Manjain Lidah

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi mandhi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!