Cara Gampang Menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Kampung yang Lezat Sekali

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Kampung yang Lezat Sekali

Nasi Mandhi Ayam Kampung.

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Kampung yang Lezat Sekali

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi mandhi ayam kampung yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi mandhi ayam kampung yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi mandhi ayam kampung, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi mandhi ayam kampung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi mandhi ayam kampung yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Kampung memakai 11 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Mandhi Ayam Kampung:

  1. Sediakan ayam/kambing.
  2. Siapkan Beras Basmati (rendam 1 jam).
  3. Sediakan bawang bombay (potong2).
  4. Sediakan bawang putih (haluskan).
  5. Siapkan kapulaga (geprek).
  6. Gunakan cengkeh.
  7. Gunakan lada hitam utuh.
  8. Gunakan kayumanis.
  9. Siapkan mentega (untuk menumis).
  10. Siapkan Pelengkap.
  11. Siapkan Acar timun cabe.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Kampung:

  1. Tumis bawang putih bawang bombai hingga harum, lalu beri air sedikit (2 sdm) lalu masukan cengkeh, kapulaga, kayumanis dan lada hitam, tumis lg hingga harum.
  2. Masukan ayam dan beri air kurang lebih 1,5 liter dan garam 2sdm, lalu masak hingga ayam empuk.
  3. Matikan api, pisan air dengan daging ayam.
  4. Masukan beras basmati yg telah direndam ke dalam panci anti lengket lalu beri air rebusan ayam tsb (3 gelas beras : 4-5 gelas air rebusan), cek rasa bisa ditambah garam kl kurang asin lalu masak dengan api yang saaaangat kecil.
  5. Kira2 30 menit, beras akan matang (tanpa dikukus sepeti beras biasa), matikan api lalu taburkan kunyit bubuk diatasnya dan diaduk perlahan.
  6. Ayam yg telah dimasak tadi bisa digoreng atau dibakar untuk lauk.
  7. Sajikan dengan acar timun.
BARU  Resep Gulai Kambing, Enak Banget

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi mandhi ayam kampung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!