Cara Gampang Membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas Anti Gagal

Ayam Rica-rica Kemangi Pedas. Rica-rica dalam bahasa Manado (Sulawesi Utara) berarti pedas atau cabe. dalam proses masaknya beraneka ragam. Masakan kali ini dengan menambah daun kemangi. Resep ayam rica-rica ini dikenal berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang memiliki cita rasa pedas dan enak.

Cara Gampang Membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas Anti Gagal Inilah rahasia bumbu masakan ayam rica rica dan petunjuk cara membuat rica rica ayam. Resep ayam rica rica merupakan masakan selera pedas Resep rica rica sendiri sebenarnya tidak harus menggunakan bahan daging ayam saja. Cita rasa pedas menjadi ciri khas resep yang tergabung. ayam rica-rica kemangi rica-rica ayam rica rica jawa daging rica-rica ayam rica-rica pedas.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam rica-rica kemangi pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica-rica kemangi pedas yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam rica-rica kemangi pedas, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam rica-rica kemangi pedas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Rica-rica dalam bahasa Manado (Sulawesi Utara) berarti pedas atau cabe. dalam proses masaknya beraneka ragam. Masakan kali ini dengan menambah daun kemangi. Resep ayam rica-rica ini dikenal berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang memiliki cita rasa pedas dan enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam rica-rica kemangi pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam Rica-rica Kemangi Pedas memakai 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam Rica-rica Kemangi Pedas:

  1. Siapkan 1/2 Kg Ayam (di daerah saya ayam nya kiloan).
  2. Siapkan 2 sdm Air Jeruk Nipis.
  3. Gunakan 3 lembar Daun Jeruk.
  4. Sediakan 2 Lembar Daun Salam.
  5. Gunakan 2 ikat kemangi.
  6. Sediakan 1 Batang Sereh (Memarkan).
  7. Gunakan 4 sdm Minyak Goreng.
  8. Gunakan 1/4 sdt Gula Pasir.
  9. Siapkan secukupnya Garam.
  10. Sediakan secukupnya Kaldu bubuk.
  11. Gunakan 100 ml air.
  12. Sediakan Bumbu Halus.
  13. Ambil 4 buah Cabe Merah Besar.
  14. Sediakan 20 buah Cabe Rawit Merah.
  15. Siapkan 5 buah Bawang Merah.
  16. Ambil 3 buah Bawang Putih.
  17. Siapkan 1 Ruas Jahe.
  18. Ambil 2 Ruas Kunyit.
  19. Gunakan 5 butir kemiri yang sudah di sangrai.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Ayam Kecap, Sempurna

Resep Ayam Rica – Rica Pedas Enak dan Spesial Untuk Keluarga – Asal muasal dari resep ayam rica-rica ini berasal dari daerah Manado – Sul. Rica-rica sendiri bisa terbuat dari berbagai bahan utama, namun yang paling populer adalah ayam. Selain mudah didapat, daging ayam juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan bahan-bahan lain seperti daging entok dan sebagainya. Lalu bagaimana cara membuat rica-rica ayam khas.

Cara membuat Ayam Rica-rica Kemangi Pedas:

  1. Potong ayam sesuai selera, cuci sampai bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis diamkan kurang lebih 5-10mnt.
  2. Giling bumbu halus yang sudah disiapkan (karena blender saya lagi rusak, jadi saya pakai ulekan tangan ya bund?).
  3. Panaskan minyak, masukkan Bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai lalu tumis hingga harum.
  4. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga merata, lalu tambahkan air.
  5. Masak di api sedang hingga air menyusut, masukkan garam, kaldu bubuk, gula pasir, koreksi rasa, kemudian angkat.

Bumbu rica-rica khas Manado ini ternyata cukup mudah dibuat, lho. Jangan lupa tambahkan kemangi supaya aroma dan rasanya lebih nikmat. Nah, itulah resep ayam rica-rica yang pedas dan nikmat. Disajikan dengan nasi hangat jadi makin nikmat. Rica merupakan bahasa Manado yang berarti pedas, bisa dimaknai bahwa kuliner ini merupakan ayam yang diberi bumbu pedas.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam rica-rica kemangi pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!