Bagaimana Membuat Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk yang Enak

Diposting pada
Bagaimana Membuat Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk yang Enak

Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk. Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk. Orek tempe basah ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu tipis seperti kering tempe. Rasanya dominan manis, gurih, dan tingkat kepedasan bisa diatur sesuai selera sehingga anak-anak tetap bisa makan ?.

Bagaimana Membuat Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk yang Enak Selalu pas untuk selera seluruh keluarga! Menu klasik ini contohnya hadir di antara lauk-pauk nasi uduk yang dijual tetangga di pagi hari. Beranjak siang, kantin di kantor tidak ketinggalan menyiapkan orek tempe untuk menu nasi ramesnya.

Sedang mencari inspirasi resep orek tempe basah: pendamping nasi uduk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal orek tempe basah: pendamping nasi uduk yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari orek tempe basah: pendamping nasi uduk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan orek tempe basah: pendamping nasi uduk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk. Orek tempe basah ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu tipis seperti kering tempe. Rasanya dominan manis, gurih, dan tingkat kepedasan bisa diatur sesuai selera sehingga anak-anak tetap bisa makan ?.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah orek tempe basah: pendamping nasi uduk yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk menggunakan 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk:

  1. Gunakan 2 papan tempe ukuran sedang (saya: 1 papan), iris memanjang.
  2. Ambil 2 siung bawang putih.
  3. Sediakan 6 siung bawang merah.
  4. Sediakan 1 buah cabe merah besar (resep asli tidak pakai).
  5. Sediakan 4 biji cabe keriting merah atau bisa diganti dengan cabe rawit.
  6. Gunakan 3 cm lengkuas, geprek.
  7. Sediakan 1 lembar daun salam.
  8. Ambil 3-6 sdm kecap manis.
  9. Ambil Secukupnya minyak, air, gula, garam, kaldu bubuk/penyedap bila perlu.
BARU  Resep Ayam rica rica pedas yang Bisa Manjain Lidah

Cara membuat tempe orek kering sangat mudah, makanan ini juga bisa jadi stok lauk yang awet. Salah satu makanan olahan dari tempe yang sering dibuat adalah tempe orek kering. Sajian ini juga sering menjadi makanan pendamping untuk makan nasi kuning bersama sambal goreng dan perkedel. Brilio.net – Nasi uduk jadi salah satu menu andalan masyarakat Indonesia.

Cara membuat Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk:

  1. Goreng tempe hingga matang. Jangan terlalu kering agar tidak terlalu alot. Tiriskan..
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe. Lalu tumis dengan daun salam dan lengkuas. (TIPS: usahakan pakai sedikit air agar tidak terlalu berkuah. Saya menghaluskan dengan blender tapi dengan diberi sedikit minyak. Boleh juga diuleg)..
  3. Tambahkan kecap manis, gula, garam, kaldu bubuk, ke bumbu yang ditumis. Kecilkan api. Koreksi rasa sesuai selera terlebih dahulu. Jika sudah pas, masukkan tempe yang sudah digoreng. Aduk menjadi satu. Koreksi rasa. Boleh jika ditambahkan air tapi jangan sampai berkuah ya..
  4. Sajikan orek tempe. Manis gurih ?. Cocok disajikan sebagai pendamping nasi uduk, nasi kuning, atau nasi tasyakuran lain. Boleh juga dengan nasi hangat saja sudah enak ???..

Rasanya menu satu ini hampir disukai semua orang. Menu nasi uduk juga kerap dijadikan menu andalan untuk sajian keluarga. Bahan yang mudah didapatkan, rasanya yang nikmat dan bisa dinikmati bersama jadi poin. Resep Nasi Uduk – Salah satu dari variasi nasi biasa yang memiliki banyak penggemar adalah nasi uduk. Selain rasa yang gurih nasi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Orek Tempe Basah: Pendamping Nasi Uduk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!