Resep Sayur Asem Seger ala Betawi, Enak Banget

Diposting pada
Resep Sayur Asem Seger ala Betawi, Enak Banget

Sayur Asem Seger ala Betawi. Resep Sayur Asem Seger ala Betawi. Sayur asem ala betawi khas dengan kuahnya yang berwarna kemerahan. Seger banget dimakan bareng nasi hangat, sambal, dan ikan asin ? Resep Sayur Asem Dadakan ala Betawi.

Resep Sayur Asem Seger ala Betawi, Enak Banget Salah satu olahan sayur asem yang paling favorit yakni dari Betawi. Rasa kuahnya segar dengan isian yang lengkap. Sayur asem ini sebenarnya ada berbagai versi ya, ala Betawi yang pakai daging sapi, ala Sunda yang kuahnya asem bening, dan ala Jawa yang manis asemnya nendang banget.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem seger ala betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem seger ala betawi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem seger ala betawi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur asem seger ala betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Resep Sayur Asem Seger ala Betawi. Sayur asem ala betawi khas dengan kuahnya yang berwarna kemerahan. Seger banget dimakan bareng nasi hangat, sambal, dan ikan asin ? Resep Sayur Asem Dadakan ala Betawi.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asem seger ala betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Seger ala Betawi memakai 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur Asem Seger ala Betawi:

  1. Ambil 50 gram Nangka Muda.
  2. Sediakan 50 gram Kacang Panjang.
  3. Ambil 50 gram Pepaya Muda.
  4. Gunakan 50 gram Melinjo.
  5. Gunakan 50 gram Daun Melinjo.
  6. Sediakan 20 gram Kacang Tanah.
  7. Gunakan 1 buah Jagung Muda.
  8. Sediakan Bumbu.
  9. Ambil 4 butir Cabai Merah Keriting.
  10. Gunakan 2 butir Cabai Hijau Besar.
  11. Ambil 4 butir Bawang Merah.
  12. Ambil 2 bungkus Terasi ABC.
  13. Gunakan 2 ruas jempol Asem.
  14. Siapkan 2 ruas jempol Lengkuas.
  15. Siapkan 4 lembar Daun Salam.
  16. Gunakan Secukupnya Garam, Gula, dan Penyedap Rasa.
BARU  Resep Capcay simple #kenyang tanpa nasi yang Menggugah Selera

Kalau versi favorit suamiku adalah yang dimakan bareng tempe goreng, kerupuk, ikan asin dan sambel terasi. Bahan-bahan yang digunakan bisa dimodifikasi sesuai selera. Bisa juga menggunakan kaldu ayam, kangkung, kembang kol, atau wortel. Lihat juga resep Sayur Asem segar enak lainnya.

Cara membuat Sayur Asem Seger ala Betawi:

  1. Cuci bersih dan potong2 bahan sayur..
  2. Haluskan : cabai merah + bawang merah + terasi. Geprek lengkuas. Iris serong cabai hijau besar..
  3. Didihkan air secukupnya, rebus sayuran mulai dari tekstur yang paling keras : jagung + melinjo + nangka muda –> pepaya muda + kacang panjang + kacang tanah –> daun melinjo..
  4. Tambahkan bumbu halus + asem + lengkuas geprek + daun salam + irisan cabai hijau besar. Aduk rata. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Koreksi rasa. Rebus hingga mendidih dan bahan sayur sedikit layu..
  5. Sayur asem seger ala betawi ready to served ?.

Siapkan panci yang cukup besar, tuang air. Tambahkan asam jawa, bumbu halus, lengkuas, dan salam. Cara Membuat Sayur Asem Betawi atau Sayur Asem Jakarta ©Shutterstock/Hanifah Kurniati. Sayur asem Jakarta sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan sayur asem ala Sunda. Lihat juga resep Sayur Asem Kuning Khas Betawi enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Asem Seger ala Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!