Resep Sayur Asam Jakarta, Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Asam Jakarta, Menggugah Selera

Sayur Asam Jakarta. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia. Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta.

Resep Sayur Asam Jakarta, Menggugah Selera Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing. Jakarta misalnya, punya sayur asem berkuah keruh dan bercitarasa kuat dari terasi, kemiri, dan cabai merah yang dihaluskan dalam bumbunya. Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step.

Anda sedang mencari ide resep sayur asam jakarta yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam jakarta yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia. Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam jakarta, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur asam jakarta yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asam jakarta sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur Asam Jakarta menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur Asam Jakarta:

  1. Sediakan 5 btg kacang panjang.
  2. Siapkan 1/2 ikat daun melinjo.
  3. Gunakan 1 bj jagung.
  4. Ambil 1/2 biji labu siam.
  5. Sediakan 10 Buah Melinjo.
  6. Gunakan Kacang tanah tanpa kulit.
  7. Sediakan 1 sdm asam jawa.
  8. Gunakan Secukupnya Garam.
  9. Ambil 1/2 sdt royco ayam.
  10. Sediakan 1 sdt gula pasir.
  11. Siapkan secukupnya Air untuk merebus.
  12. Sediakan Bumbu ulek kasar.
  13. Ambil 3 siung bawang merah.
  14. Sediakan 2 siung bawang putih.
  15. Ambil 1 sdt terasi bakar.
  16. Siapkan 5 bj cabe keriting.
  17. Siapkan 2 biji cabe rawit.
  18. Ambil 1/2 ruas lengkuas.
  19. Ambil 1 sdt gula merah.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Tumis buncis cabe ijo, Menggugah Selera

Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Sayur asem Jakarta memang enak dan bikin rindu, yuk intip resepnya! Brilio.net – Kalau ke Jakarta yang ngangenin memang makanan tradisional seperti ketoprak dan kerak telor, dan tentunya satu lagi, yakni sayur asem khas Jakarta. Nggak perlu jauh-jauh ke Jakarta, kamu bisa lho bikin sendiri sayur asem Jakarta yang nggak bening, dan segar itu.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Rebus jagung, buah melinjo dan kacang tanah.
  2. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang sdh dihaluskan, beserta air perasan asam jawa dan garam.
  3. Masukkan labu siam kemudian, kacang panjang & daun melinjo.
  4. Tambahkan royco ayam dan gula pasir, koreksi rasa.
  5. Setelah sayur masak semua, hidangkan ??.

Ada juga sayur asem gaya Jakarta yang memakai bumbu halus dengan kuah keruh. Sementara sayur asem Betawi sering ditambahkan potongan oncom di dalamnya. Semuanya punya ciri khas rasa yang sama, asam segar. Untuk isiannya tergantung selera dan tergantung stok sayuran yang ada. Sayuran yang umum dipakai seperti kacang panjang, labu siam, jagung, biji dan daun melinjo, nangka muda, kacang merah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asam Jakarta yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!