Resep Ayam Betutu Bali yang Lezat

Diposting pada
Resep Ayam Betutu Bali yang Lezat

Ayam Betutu Bali. Resep Ayam Betutu Khas Bali, Bumbunya Meresap, Empuk, dan Bikin Nagih! Tanpa perlu pergi ke Pulau Dewata, kita bsia membuat Ayam Betetu khas Bali ini. Special menu for ayam betutu kuah, very very spicy.

Resep Ayam Betutu Bali yang Lezat Ayam Betutu Bali, sebuah makanan atau masakan khas Bali populer yang sering dicari wisatawan Intinya daging ayam memiliki mutu gizi yang baik bagi tubuh. Ayam Betutu – Makanan khas Bali. Resep Ayam Betutu – Jika berbicara mengenai Ayam Betutu, pasti orang-orang langsung teringat dengan Pulau Bali.

Lagi mencari ide resep ayam betutu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam betutu bali yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam betutu bali, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam betutu bali enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Resep Ayam Betutu Khas Bali, Bumbunya Meresap, Empuk, dan Bikin Nagih! Tanpa perlu pergi ke Pulau Dewata, kita bsia membuat Ayam Betetu khas Bali ini. Special menu for ayam betutu kuah, very very spicy.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam betutu bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam Betutu Bali memakai 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Betutu Bali:

  1. Sediakan 1 Ekor ayam utuh.
  2. Sediakan 3 Siung bawang merah.
  3. Ambil 2 Siung Bawang putih.
  4. Siapkan 3 cm jahe.
  5. Siapkan 3 cm kencur.
  6. Siapkan 4 cm lengkuas.
  7. Ambil 3 cm kunyit.
  8. Gunakan 1 biji kemiri sangrai.
  9. Sediakan 1 sdm ketumbar.
  10. Siapkan 1 sdm merica hitam.
  11. Gunakan 5 buah cabe keriting atau sesukanya.
  12. Gunakan 2 sdm minyak goreng tuk menumis bumbu.
  13. Sediakan secukupnya Terasi.
  14. Ambil secukupnya garam.
  15. Ambil secukupnya gula pasir.
  16. Gunakan 2 lembar daun salam.
  17. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  18. Ambil 2 batang sereh di gerprak.
BARU  Cara Gampang Membuat OndeĀ² mekar semena-mena, Sempurna

Ayam betutu memang berasal dari bali, lebih lengkapnya berasal dari Gilimanuk. Dari tujuh menu kuliner khas Bali halal diatas hampir semua saya suka, kecuali satu! Jika anda sedang berlibur di Bali dan anda ingin menikmati wisata kuliner ayam betutu Gilimanuk. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Betutu Bali:

  1. Rajang semua bumbu kemudian tumis dan masukkan daun salam dan daun jeruk.
  2. Setelah bumbu matang masukkan ayam dan tambahkan air sehingg setengah badan ayam terendam, masak dengan tutup dan api sedang selama 30 menit.
  3. Bali ayam setelah 30 menit dan masak kembali sampai kuahnya hampir habis.
  4. Kalau mau bikin untuk keesokan harinya maaukkan ke oven 150 derajat selama 30 menit sebelum di sajikan atau kalau mau sajikan langsung bisa juga.
  5. Yang terpentibg kuahnya hampir habis dan aamnys matang, bisa dengan api kecil lebih baik kalau punya waktu dan rebus selama 2 jam total, pasti ayamnya akan empuk dan gurih.

Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. Resep pertama adalah ayam betutu kuah, khas dari Gilimanuk, Bali. Resep ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hidangan berkuah dan pedas. Resep Ayam Betutu Khas Bali, Ternyata Gampang, dan Enak Banget!

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam betutu bali yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!